Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinkes Magetan Klaim Jumlah Penderita DBD Menurun Per Februari

Kompas.com - 21/02/2019, 11:30 WIB
Sukoco,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGETAN , KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Jawa Timur mengklaim jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) per Februari mulai menurun di wilayahnya.

Penurunan ini dicapai adanya keterlibatan siswa sekolah dalam mengidentifikasi jentik di rumah masing-masing.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Didik Setyo Margono saat ditemui Kompas.com di ruang kerjanya, Kamis (21/2/2019).

Didik mengatakan, hingga Februari total jumlah pasien DBD yang dirawat mencapai 141 penderita. “Jadi Januari ke Februari itu sudah ada penurunan dari penderita. Januari itu totalnya 81 (pasien), Februari sampai hari ini 60 (pasien),” ujar Didik. 

Baca juga: Cegah DBD, Hendi Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan

Dia menambahkan, dengan identifikasi yang dilakukan siswa sekolah maka Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan bisa memetakan kawasan yang rawan terjadinya DBD sehingga fokus penanganan lebih terarah.

Dalam sehari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan masih melakukan fogging di tiga lokasi berbeda untuk menekan berkembangnya DBD.

“Kan kita sudah ada instruksi bupati itu kepada camat dan lurah untuk gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Fogging bisa tiga tempat dalam sehari, tetapi yang paling efektif tetap gerakan PSN,” imbuhnya.

Hingga saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan mencatat ada dua penderita DBD di wilayah Magetan yang dilaporkan meninggal dari total 141 pasien. 

Baca juga: Penderita DBD di Sumba Timur Terus Bertambah, 10 Meninggal, 390 Dirawat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com