Pemprov Sumbar Siapkan RSJ HB Saanin untuk Caleg Kalah Pileg

Kompas.com - 20/02/2019, 19:00 WIB
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat membuka rakor pemilu serentak,  Rabu (20/2/2019)  di auditorium Gubernur Sumatera Barat RAMADHANI/KOMPAS.comGubernur Sumbar Irwan Prayitno saat membuka rakor pemilu serentak, Rabu (20/2/2019) di auditorium Gubernur Sumatera Barat

PADANG,KOMPAS.com-Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumbar menyiapkan Rumah Sakit Jiwa ( RSJ) HB Saanin bagi calon legislatif ( caleg) yang mengalami gangguan psikis usai bertarung di pemilihan legislatif (pileg) 2019.

"Kami siapkan rumah sakit ini bagi caleg yang kalah dan mengalami gangguan psikis. Tentu dengan penanganan khusus, seperti privasinya dijaga dan lainnya," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rabu (20/2/2019) usai melakukan rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 di Auditorium Gubernur Sumbar.

Irwan mengatakan, untuk Sumbar ada sekitar 7000 caleg yang bertarung di Pileg 2019 mendatang.


Dari jumlah itu, hanya ratusan saja yang lolos baik sebagai anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Sumbar, dan DPRD kabupaten dan kota.

"Pasti ada yang tersenyum karena duduk dan ada juga yang senyum-senyum sendiri. Yang senyum sendiri ini perlu penanganan. Pada Pemilu 2014 lalu ada orangnya," kata Irwan.

Baca juga: RSJ Ratumbuysang Manado Siap Tampung Caleg Stres

Sementara, Kepala Bagian Tata Usaha RSJ HB Saanin Padang, Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya memiliki 314 kamar rawat inap.

Untuk fasilitas RSJ, lengkap bagi yang nantinya membutuhkan penanganan intensif. Ada kamar kelas I, II, III, dan VIP.

"Selain sarana kamar untuk pasien gangguan jiwa, RSJ juga memiliki SDM yang memadai," ungkapnya.

Taufik mengatakan, untuk pileg tahun ini pihaknya siap memberikan pelayanan prima bagi pasien, terutama bagi caleg yang kalah. Pelayanan yang diberikan termasuk menjaga privasi pasien.

"Pada Pileg 2014 lalu ada, tapi ini privasi jadi tidak kami buka," katanya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X