Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2019, 22:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

DODOMA, KOMPAS.com - Pengadilan Tanzania telah menjatuhkan hukuman penjara selama 15 tahun kepada wanita asal China yang dijuluki "Ratu Gading" atas perannya dalam penyelundupan lebih dari 800 gading gajah.

Yang Feng Lan (69), dijatuhi hukuman oleh pengadilan di Dar es Salaam, Selasa (19/2/2019), atas keterlibatannya dalam perdagangan 860 gading gajah antara tahun 2000 hingga 2014.

Selain Yang, dia pria Tanzania juga dinyatakan bersalah telah terlibat dalam perdagangan ilegal itu dan dijatuhi masing-masing hukuman penjara 15 tahun.

"Pihak kejaksaan telah membuktikan kasus terhadap terdakwa tanpa keraguan," kata Hakim Huruma Shaidi kepada pengadilan, seperti dikutip AFP.

Baca juga: Otoritas Kamboja Sita 3 Ton Gading Gajah yang Dikirim dari Mozambik

Proses persidangan telah menunjukkan peranan dua pria Tanzania sebagai pihak yang mengumpulkan gading gajah dan membawanya kepada Feng Lan.

"Kesaksian membuktikan bahwa ketiga terdakwa telah bekerja sama," kata Shaidi.

Selain menjatuhkan hukuman penjara, pihak pengadilan juga memerintahkan ketiga terdakwa untuk membayar denda bersama sebesar 13 juta dollar AS (sekitar Rp 183 miliar) atau tambahan kurungan dua tahun.

Besaran denda yang dijatuhkan setar dengan dua kali nilai pasar gading gajah yang mereka dapatkan.

Pengacara pembela terdakwa menyatakan akan mengajukan banding atas putusan pengadilan.

Kasus perdagangan gading gajah oleh Yang dan komplotannya itu disebut sebagai salah satu kasus terpenting dalam beberapa tahun.

Yang, yang telah tinggal di Afrika TImur sejak 1970-an, dihukum atas perannya dalam mengendalikan jaringan penyelundupan gading gajah antara Tanzania dan Asia.

Dia ditangkap pada 2015 dan saat itu menjabat selaku wakil presiden Dewan Bisnis China-Afrika di Tanzania.

Perburuan liar untuk mengambil gading telah menyebabkan populasi gajah Afrika berkurang sebanyak 110.000 ekor selama satu dekade terakhir, dan menjadikan jumlah gajah Afrika hanya 415.000 ekor, menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Baca juga: Istri Robert Mugabe Diduga Lakukan Bisnis Penyelundupan Gading Gajah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com