Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2019, 22:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Bertambah lagi pemerintah negara yang menyatakan dukungannya kepada pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido.

Setelah diawali dengan AS dan diikuti sejumlah negara Eropa, Asia, maupun Afrika, kali ini Jepang yang secara resmi mengumumkan mendukung Guaido sebagai presiden sementara.

"Negara kami telah menyerukan dilakukannya pemilihan dini, tetapi sayangnya pemilihan belum juga diadakan," kata Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono dalam konferensi pers, Selasa (19/2/2019).

"Setelah mempertimbangkan situasi yang ada, maka negara kami menegaskan mendukung presiden sementara Guaido dan kami sekali lagi menyerukan kepada Venezuela untuk mengadakan pemilihan yang bebas dan adil," lanjutnya, dikutip AFP.

Baca juga: Mengenal Juan Guaido, Pemimpin Oposisi Venezuela yang Didukung Trump

Pernyataan Tokyo datang di tengah krisis yang berkembang di Venezuela, dengan semakin meningkatnya tekanan terhadap Presiden Nicolas Maduro dan militernya.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump telah mendesak kepada militer Venezuela untuk mendukung Guaido. Trump bahkan mengancam militer bakal "kehilangan segalanya" jika tetap membela Maduro.

AS telah berulang kali menyerukan agar Maduro mengundurkan diri dari jabatan presiden, dengan Washington mengecam pemilihan presiden yang memenangkan Maduro pada tahun lalu sebagai penipuan dan tidak sah.

Sementara Guaido, ketua Majelis Nasional, satu-satunya badan demokratis yang diakui di Venezuela, telah mendapat dukungan dari setidaknya 50 negara, sejak mendeklarasikan diri sebagai presiden interim Venezuela pada Januari lalu.

Guaido saat ini tengah berupaya untuk mendapatkan dukungan bantuan kemanusiaan dari luar negeri setelah Maduro bersama militer Venezuela melancarkan aksi blokade untuk mencegah masuknya bantuan kemanusiaan itu.

Guaido berencana untuk mendaftar satu juta relawan yang akan membawa bantuan kemanusian dari negara asing memasuki Venezuela.

Baca juga: Trump Ancam Militer Venezuela Bakal Kehilangan Segalanya jika Masih Dukung Maduro

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com