Mencicipi Sensasi Kopi "Wine" Liberika Rasa Nangka di Kendal

Kompas.com - 19/02/2019, 16:54 WIB
Eko pembuat kopi Wine Liberika Kendal dan pengurus petani Kopi gunung Prau, Widodo. KOMPAS.Com/SLAMET PRIYATIN KOMPAS.com/SLAMET PRIYATINEko pembuat kopi Wine Liberika Kendal dan pengurus petani Kopi gunung Prau, Widodo. KOMPAS.Com/SLAMET PRIYATIN

KENDAL, KOMPAS.com- Kopi wine dari jenis kopi Liberika di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, kini sedang banyak diminati oleh para pecinta kopi. Salah satu penyebabnya, selain rasanya juga dikarenakan mempunyai aroma nangka. Ada sensasi tersendiri, ketika meminum kopi wine Liberika ini.

Seperti yang diakui oleh pecinta kopi asal Jakarta, Catur (35). Lelaki yang baru beberapa bulan tinggal di Semarang ini, harus rela pergi ke Desa Mlatiharjo, Patean Kendal, untuk bisa menikmati kopi tersebut.

“Hem, rasa dan aromanya memang luar biasa. Lain dari kopi yang lain,” kata Catur, usai menyeruput kopi di kedai kopi milik kelompok tani kopi di Patean, Selasa (19/02).

Catur mengaku kalau dirinya sudah pernah mencicipi kopi wine dari beberapa daerah, di antaranya Aceh, Bali, dan Lampung. Tetapi, rasa dan aroma kopi di beberapa daerah itu, berbeda dengan kopi wine Liberika Kendal.

“Yang membedakan terutama aromanya. Kalau rasanya hampir sama,” tambahnya.

Baca juga: Razia ke Taman dan Warung Kopi, Satpol PP Depok Jaring 32 Siswa yang Bolos

Hampir sama dengan Catur, Taruno (37), pecinta kopi asal Kaliwungu, mengaku kalau dirinya baru kali ini meminum kopi yang rasanya lain dari kopi yang pernah ia minum. Selain segar di badan, aromanya juga sedap.

“Saya sering mendengar kopi beraroma nangka. Saya baru kali ini merasakan langsung,” tambahnya.

Menurut Taruno, ia datang ke Patean, hanya mengantarkan teman-temannya dari Semarang, yang ingin merasakan kopi wine Liberika.

“Rasanya memang luar biasa,” jelasnya.

Pembuat kopi wine Liberika asal Desa Mlatiharjo, Patean Kendal, Eko Siswanto, mengatakan kalau dirinya sudah cukup lama memproduksi kopi wine Liberika.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X