Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNBTS: Gunung Bromo dalam Situasi Kondusif seperti Biasa

Kompas.com - 19/02/2019, 13:28 WIB
Caroline Damanik

Editor

KLOJEN, KOMPAS.com — Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru John Kenedie menuturkan bahwa kondisi Gunung Bromo dalam situasi kondusif.

"Menanggapi pemberitaan media terkait status Gunung Bromo yang diberitakan erupsi, perlu disampaikan beberapa hal bahwa kondisi Gunung Bromo berdasarkan pemantauan di lapangan saat ini dalam situasi dan kondisi kondusif seperti hari-hari biasanya," ujar John seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (19/2/2019).

Berdasarkan informasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Gunug Api (PVMBG) Pos Pengamatan Gunungapi Bromo di Ngadisari, Kecamatan Sukapura, hingga 18 Februari 2019, tingkat aktivitas Gunung Bromo masih level II atau Waspada.

Sementara itu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani menyebutkan, Gunung Bromo mengalami erupsi pada Selasa (19/2/2019) pukul 06.00 dengan tinggi kolom abu 600 meter di atas puncak (2.929 meter di atas permukaan laut).

Baca juga: Gunung Bromo Erupsi, PVMBG Tingkatkan Status Jadi Waspada

John mengatakan, cuaca yang dilaporkan di sekitar Gunung Bromo dalam kondisi cerah, berawan, mendung, dan hujan, dengan tiupan angin lemah ke arah timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, dan barat.

Suhu rata-rata 12-20 derajat celsius dengan kelembaban udara 0-0 persen dan tekanan udara 0-0 mmHg.

"Secara visual, gunung terlihat jelas hingga kabut," ujarnya.

Asap awan bertekanan lemah hingga sedang teramati putih dan coklat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal. Ketinggian asap 50-700 meter di atas puncak kawah. Aktivitas tremor (microtremor) dengan amplitude 0.5-1 mm.

"Berdasarkan data dan kondisi tersebut, secara umum kondisi Gunung Bromo masih dalam situasi kondusif dengan beberapa potensi kesiapan yang harus ditingkatkan, yaitu kewaspadaan dan mematuhi arahan dan instruksi pengelola TNBTS dan PVMBG," papar John.

 

Artikel ini telah tayang di suryamalang.com dengan judul TNBTS: Kondisi Gunung Bromo Hingga Saat Ini Baik-baik Saja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com