Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AL Kembali Tangkap Kapal Vietnam yang Curi Ikan di Laut Natuna

Kompas.com - 19/02/2019, 07:00 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NATUNA, KOMPAS.com - Koarmada I kembali berhasil menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam yang masih melakukan pencurian ikan (Ilegal Fishing) di Laut bagian utara Natuna, Minggu (17/2/2019).

Kadispen Koarmada I Letkol Agung Nugroho mengatakan penangkapan ini dilakukan karena KIA asal Vietnam ini diduga melaksanakan kegiatan di dalam Landas Kontinen Indonesia tanpa dilengkapi dokumen.

"Dari hasil pemeriksaan diketahui nama Kapal BT 99506 TS dengan Tonage 99 GT berbendera Vietnam, dengan Nahkoda Hanghuu dan jumlah ABK 3," kata Agung melalui pesan singkatnya, Senin (18/2/2019).

Agung menjelaskan penangkapan berawal saat KRI Bung Tomo-357 melaksanakan patroli sektor di wilayah Perairan Indonesia dan kemudian mendapatkan kontak kapal yang dicurigai melakukan kegiatan pelanggaran di dalam wilayah Landas Kontinen Indonesia pada posisi 05° 51’ 40” U - 105° 49’ 50” T, tepatnya di Perairan Laut Natuna Utara.

Baca juga: TNI AL Amankan 8 Kapal Asing yang Lakukan Lego Jangkar Tanpa Izin

Menindaklanjuti hal tersebut, dengan sigap KRI Bung Tomo-357 melakukan prosedur Pengejaran, Penangkapan dan Penyeleidikan (Jarkaplid) dilanjutkan dengan Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan terhadap muatan, personel dan dokumen kapal tersebut.

"Ternyata kapal tersebut merupakan KIA asal Vietnam yang melakukan penangkapan ikan tanpa mengantongi izin di wilayah perairan Indonesia," jelas Agung.

Saat ini kapal sedang dalam perjalanan menuju ke Lanal Batam untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.

"Dari dugaan pelanggaran tersebut, maka Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Amrin memerintahkan agar Kapal BT 99506 TS di adhoc ke Lanal Batam untuk proses pemeriksaan dan penyidikan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com