Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Dumai Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

Kompas.com - 19/02/2019, 05:30 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terus terjadi, Kota Dumai, Provinsi Riau, sudah menetapkan status siaga darurat karhutla.

Hal itu disampaikan Komandan Regu (Danru) II Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, Aditya saat diwawancarai Kompas.com di lokasi karhutla di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Senin (18/2/2019).

"Status siaga darurat karhutla sudah ditetapkan pada Kamis (14/2/2019) lalu. Jadi penanganan karhutla dilakukan oleh tim satgas (satuan tugas) terdiri dari BPBD, Kodim 0320, Polres dan Manggala Agni serta MPA (masyarakat peduli api)," ungkap Aditya.

Dia menyebut upaya pemadaman karhutla di Kelurahan Bangsal Aceh sudah dilakukan lebih kurang sebulan. Luas lahan gambut yang terbakar sekitar 18 hektar.

Baca juga: Petugas Gabungan Matikan Sisa Api Kebakaran Lahan Seluas 18 Hektar di Dumai

"Udah hampir sebulan juga kami di sini. Upaya pemadaman kita lakukan hampir setiap hari star jam setengan 8 pagi," sebut Aditya.

Menurut dia, sebagian besar api sudah berhasil dipadamkan. Kemudian lokasi kebakaran juga sempat diguyur hujan dengan intensitas sedang pada Minggu (17/2/2019).

"Saat ini masih ada sisa-sisa api di dalam gambut yang kami padamkan," kata Aditya.

Dia menyebutkan, lahan yang terbakar merupakan perkebunan sawit dan semak belukar. Di dalam lahan ini seluruhnya terdapat tanah gambut yang mudah terbakar.

"Selain di Kelurahan Bangsal Aceh, ada beberapa titik api (karhutla) di Kelurahan Lubuk Gaung. Tapi semalam api sudah padam diguyur hujan," sebutnya.

Sebelumnya, tambah Aditya, pemadaman karhutla juga sudah dilakukan di Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai. Saat ini masih tinggal beberapa titik sisa api.

Baca juga: Petugas Kesulitan Padamkan Lahan Gambut yang Terbakar di Dumai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com