Petugas Gabungan Matikan Sisa Api Kebakaran Lahan Seluas 18 Hektar di Dumai

Kompas.com - 18/02/2019, 23:04 WIB
Pemadaman api karhutla di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau, Senin (18/2/2019). KOMPAS.com/IDON TANJUNGPemadaman api karhutla di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau, Senin (18/2/2019).

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebagian besar api kebakaran hutan dan lahan ( karhutla) di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau, sudah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan.

Namun hingga hari ini, Senin (18/2/2019), petugas gabungan dari Manggala Agni, kepolisian, TNI dan BPBD Dumai, masih melakukan pemadaman sisa kebakaran tersebut.

Pantauan Kompas.com di lokasi, karhutla di Kelurahan Bangsal Aceh sangat parah. Api membakar semak belukar dan perkebunan sawit, yang berumur sekitar tiga sampai empat tahun atau mulai berbuah.

Sisa kebakaran menyisakan asap, karena api masih ada di dalam gambut, sehingga membuat kota minyak ini berkabut asap tipis.


Baca juga: Dalam 5 Hari Terakhir, Kebakaran Lahan di Riau Semakin Meluas

Beberapa titik api yang mengeluarkan asap, tampak dilakukan pemadaman dan pendinginan oleh petugas, yang menggunakan beberapa mesin pompa air.

Beruntung di lokasi lahan terbakar tersedia air yang ada di dalam parit di pinggir jalan. Sehingga, petugas lebih mudah menyiramkan air pada api di dalam gambut.

Kendati demikian, petugas cukup kesulitan mematikan api. Sebab kondisi api berada di dalam gambut dengan kedalaman sekitar dua meter. Selain itu, cuaca panas dan kabut asap yang membuat mata perih.

Wakil Komandan Regu II Manggala Agni Daops Dumai Safrudin mengatakan, luas lahan yang terbakar di Kelurahan Bangsal Aceh lebih kurang 18 hektar.

"Kita dari Manggala Agni sudah melakukan pemadaman selama 12 hari dari tanggal 7 Februari 2019 sampai hari ini," ujar Safrudin saat ditemui Kompas.com di lokasi karhutla.

Baca juga: Waspada Kebakaran Lahan, Ada 201 Hotspot di Kawasan Perusahaan di Kalbar

Pemadaman, kata dia, dilakukan bersama pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kepolisian, TNI, masyarakat peduli api (MPA) Dumai dan masyarakat setempat.

"Dan Alhamdulillah, semalam lokasi kebakaran diguyur hujan dengan intensitas sedang. Sehingga, saat ini api sudah tidak terlihat lagi. Namun, masih ada sisa api pada tunggul-tunggul kayu di dalam gambut," lanjut Safrudin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X