Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Magetan Catat 3.000 Data Pemilih Tambahan dari Pesantren

Kompas.com - 18/02/2019, 17:30 WIB
Sukoco,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGETAN , KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan Jawa Timur mencatat tambahan pemilih sebanyak 3.622 pemilih yang berasal dari pendataan di pesantren, lapas dan perguruan tinggi.

Divisi Perencanaan Data Dan Informasi KPU Magetan Nur Salam mengatakan, penambahan pemilih terbanyak berasal dari pesantren yang ada di Kabupaten Magetan.

“Ada 3145 untuk pondok di Alfatah Temboro. Khusus untuk pondok pesantren itu rata arata hampir 90 persen dari luar jawa,” ujarnya usai menggelar Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tambahan di Kantor KPU Magetan Senin (18/02/2019).

Nur Salam menambahkan, KPU Magetan juga melakukan penambahan TPS sebanyak 16 TPS untuk mengakomodir pemilih pindah pilih di pesantren.

Baca juga: Kisah 3 Generasi Pengrajin Sadel Sepeda Ontel Asal Magetan

 

Dari 16 TPS, 15 TPS diantaranya merupaka TPS di Pondok Pesantren Temboro yang mempunyai santri lebih dari 11.000 santri tersebut.

“16 TPS khusus untuk mengakomodir pemilih pindah pilih, meliputi 15 TPS pondok pesantren di Al Fatah Temboro dengan jumlah pemilih 3.140 sementara 1 TPS untuk mengakomodir DPTB pada warga binaan Rutan Magetan ada 138 narapidana,” imbuhnya.

Penambahan data pemilih tambahan menurut Nur Salam diperkirakan masih akan ada penambahan mengingat di Magetan ada 20 pesantren dan sejumlah kampus di Magetan sedang libur.

KPU Magetan tetap akan membuka layanan data tambahan hingga 30 hari menjelang pemilu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com