Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deklarasi Pemilu Damai, Ribuan Warga "Tea Walk" di Kebun Teh Simalungun

Kompas.com - 17/02/2019, 16:39 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe,
Dian Maharani

Tim Redaksi

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Ribuan warga yang tergabung dalam karyawan, pensiunan dan keluarga PT Perkebunan Nusantara IV di Kabupaten Simalungun menggelar Tea Walk di areal perkebunan teh Tobasari, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (17/2/2019).

Salah seorang warga, Usman Chaniago (65) mengatakan, digelar PT Perkebunan Nusantara IV bersama Polda Sumut. Tea Walk dimulai sejak pagi dari depan pabrik teh Tobasari menyusuri jalan kebun sejauh sekitar 2,5 kilometer.

“Ini bagian dalam rangka deklarasi kampanye damai Polda Sumut dengan PTPN IV,” kata Chaniago ditemui di depan pabrik teh Tobasari.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Agus Andrianto didampingi Bupati Simalungun JR Saragih, Kapolres Simalungun, Kapolres Pematangsiantar, dan manajemen PT Perkebunan Nusantara IV melepas peserta tea walk.

Baca juga: Kapolda Jabar Pimpin Deklarasi Damai Pemilu di Kota Tasikmalaya

Dengan antuasias para peserta, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak berjalan di jalan kebun teh dalam suasana pagi yang cerah.

Ikut pula para personel kepolisian dari Polda Sumatera Utara, Polres Simalungun, Polres Pematangsiantar dan pejabat Pemerintah Kabupaten Simalungun.

Kegiatan tea walk berakhir di lapangan kebun sepakbola Tobasari. Di sana disiapkan panggung besar untuk pelaksanaan deklarasi kampanye damai Pemilu 2019.

Deklarasi digelar oleh Serikat Pekerja Perkebunan PT Perkebunan Nusantara IV dilakukan dengan pembacaan deklarasi, di mana seluruh pekerja perkebunan antihoaks, antiujaran kebencian dan antisara.

“Kami mendukung pemilu damai yang bermartabat, aman dan sejuk di wilayah hukum Kepolisian Daerah Sumut,” kata Wispramono, selaku Ketua Umum Serikat Pekerja Perkebunan PT Perkebunan Nusantara IV yang memandu pembacaan deklarasi.

Usai pembacaan deklarasi kampanye damai, dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati dan balon ke udara oleh Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara IV Siwi Peni didampingi Kapolda Sumatera Utara dan Bupati Simalungun

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara IV Siwi Peni mengapresiasi kegiatan deklarasi kampanye damai.

“PTPN IV membutuhkan dukungan Polda Sumut, agar suasana damai dan tertib tetap terjaga selama pelaksanaan Pemilu 2019,” katanya.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andriantono mengajak semua lapisan masyarakat merapatkan barisan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari perpecahan akibat hoaks dan ujaran kebencian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com