BKSDA Aceh Catat 8 Kasus Gajah Masuk ke Pemukiman di Aceh Timur

Kompas.com - 17/02/2019, 13:31 WIB
Ida, gajah jinak berjenis kelamin betina, mengalami patah tulang kaki belakang setelah diserang oleh kawanan gajah liar di CRU Peusangan, Benermeriah, Rabu (13/02/2019) malam. Dok. BKSDA AcehIda, gajah jinak berjenis kelamin betina, mengalami patah tulang kaki belakang setelah diserang oleh kawanan gajah liar di CRU Peusangan, Benermeriah, Rabu (13/02/2019) malam.

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, mencatat delapan kasus konflik gajah dan manusia di Kabupaten Aceh Timur sepanjang tahun 2018. Sebagian berdampak rusaknya perkebunan dan rumah milik warga.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji, Minggu (17/2/2019) lewat pesan singkat menyebutkan, data tahun 2018 konflik gajah dan manusia terjadi di Kecamatan Rantau Peureulak, Banda Alam, Rantau Selamat, Bireum Bayeum, Indra Makmur, Peureulak, dan Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur.

“Kerusakannya berupa areal perkebunan sawit milik warga dan gubuk yang ada di kebun itu,” sebut Sapto.

Baca juga: Diserang Kawanan Gajah Liar, Satu Gajah Jinak di CRU Mengalami Patah Tulang

Dia menyebutkan, data tahun 2017 tercatat 13 kasus konflik gajah dan manusia. Dari sisi lokasi kejadian, sambung Sapto, cenderung pada kecamatan yang sama.

Misalnya, tahun 2018 dan 2017 juga terjadi konflik gajah dan manusia di Kecamatan Ranto Peureulak, Serbajadi, Indra Makmur dan Banda Alam.

“Lokasi mayoritas itu yang paling sering terjadi ya di Ranto Peureulak. BKSDA mengupayakan mengusir gajah liar itu ke kawasan hutan. Agar tidak merusak tanaman warga,” sebutnya.

Selain itu, upaya yang dilakukan dengan membagikan mercon pada warga. Sehingga, jika ada gajah liar, bisa diusir dengan membakar mercon agar gajah pindah ke areal hutan. Bukan ke area perkebunan warga.

“Semoga tahun ini angka konflik gajah dan manusia terus menurun,” pungkasnya.

Baca juga: 32 Ekor Gajah Liar Rusak Belasan Hektare Kebun Warga di Aceh

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X