Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Penusukan Pebalap Nasional M Zaky hingga Tewas di Bondowoso

Kompas.com - 17/02/2019, 11:51 WIB
Aprillia Ika

Editor

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Kasus penusukan pebalap road race nasional M Hasyim Zaki Adil atau M Zaky (23) pada Jumat (15/2/2019) malam mengejutkan banyak pihak. Peristiwa itu terjadi di jalan raya Desa Taal Kecamatan Tapen, Bondowoso.

Polisi sendiri telah meminta keterangan sejumlah saksi dan menetapkan satu tersangka bernama Faesal Karim, warga Desa/Kecamatan Tapen, Bondowoso.

Menurut Kasatreskrim Polres Bondowoso AKP Jamal kepada Surya, menuturkan, peristiwa itu bermula dari serempetan di jalan raya yang menghubungkan Bondowoso-Situbondo tersebut. Hal itu berdasarkan keterangan tersangka Faesal ke polisi.

Menurut keterangan Faesal, ketika itu Faesal baru pulang kerja dari Prajekan, Bondowoso. Dia melaju dari arah utara atau dari arah Situbondo. Begitu juga dengan M Zaky yang berada di jalan itu untuk 'nyeting' sepeda motor balapnya.

Baca juga: Fakta di Balik Kecelakaan Iqbal Pebalap Ducati di Sentul, Luka Parah di Kepala hingga Tak Ada Izin Polisi

"Di lokasi itu, korban nyerempet tersangka ini. Kemudian sempat dikejar," kata Jamal seperti dikutip dari Surya, Sabtu (16/2/2019).

Menurut Jamal, Faesal sempat mengejar M Zaky setelah sebelumnya sempat cekcok mulut. Meski terserempet, Faesal tidak sampai terjatuh dari motor karenanya langsung berusaha mengejar M Zaky.

Faesal sempat kehilangan jejak M Zaky. Namun Faesal menemukan M Zaky dan sepeda motornya di sebuah garasi rumah di Kecamatan Tapen.

Jarak antara lokasi serempetan dan rumah tersebut cukup jauh sekitar 4 kilometer.

"Rumah ini tempat biasa korban berkumpul sama teman-temannya. Di garasi rumah itulah terjadi penusukan. Tersangka menusuk korban memakai pisau lipat," kata Jamal.

Baca juga: 92 Pebalap dari 22 Negara Ikuti Internasional Tour de Banyuwangi Ijen

M Zaky ditusuk di bagian dadanya. Ada dua tusukan. Cekcok yang berbuntut penganiayaan itu disaksikan beberapa orang. Para saksi tersebut sempat melerai cekcok keduanya, namun penusukan tak terhindarkan.

Setelah M Zaky terjatuh, Faesal kemudian pergi dari tempat tersebut. Teman-teman M Zaky bergegas membawa korban ke Puskesmas Tapen, namun nyawanya tidak tertolong.

"Untuk penyebab kematian kami masih menunggu visum dari dokter," lanjut Jamal.

Pebalap nasional

Polisi menjerat Faesal memakai Pasal 351 Ayat 3 KUHP tentang Penganiayaan Berat yang Mengakibatkan Hilangnya Nyawa Seseorang.

Saat ini Faesal telah ditahan di sel tahanan Mapolres Bondowoso. Sementara, jenazah M Zaky dipulangkan ke rumah duka di Desa Ramban Kulon Kecamatan Cerme.

Saat peristiwa itu diketahui polisi, awalnya polisi tidak mengetahui kalau korban merupakan pebalap road race.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut akhirnya diketahui jika M Zaky merupakan pebalap road race nasional.

M Zaky adalah mantan pebalap Asia. Dia eks pebalap TJM Racing. M Zaky lahir di Bondowoso 4 Oktober 1995, dan meninggal dunia dalam usia 23 tahun.


Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Kronologi Lengkap Penusukan Pebalap Nasional, M Zaky, Hingga Tewas di Bondowoso. Gara-Gara Ini, pada Sabtu (17/2/2019). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com