Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Balaslah dengan Karya", Lagu Ciptaan Difabel Penuh Bakat hingga Penyemangat saat Diremehkan

Kompas.com - 17/02/2019, 08:10 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video klip lagu "Balaslah dengan Karya" karya Achmad Rizki Fauzi (22), warga Kelurahan Lateng, Kecamatan Kota Banyuwangi, mewakili perasaannya tentang bagaimana seorang penyandang difabel di-bully dan diremehkan. 

Proses pembuatan video berdurasi 5,29 menit tersebut melibatkan 15 difabel di Banyuwangi, antara lain fotografer yang tidak memiliki tangan dan kaki, penari Gandrung yang tuna rungu, penyanyi dan pemain drum yang tuna netra serta beberapa difabel yang berprestasi lainnya.

Rizki mengatakan, video tersebut dia persembahkan bagi seluruh penyandang difabel untuk tetap berkarya ditengah kekurangan yang dimiliki. 

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Alasan Rizki ciptakan lagi "Balaslah dengan Karya"

Potongan video klip Ku Balas Dengan Karya melibatkan 15 difabel yang berkarya di Kabupaten BanyuwangiKOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Potongan video klip Ku Balas Dengan Karya melibatkan 15 difabel yang berkarya di Kabupaten Banyuwangi

Pria kelahiran 10 Mei 1997 tersebut bercerita kepada Kompas.com, jika dia bukan hanya sekedar di-bully, tapi juga sering dipukuli oleh teman-teman sepermainannya hanya karena dia berbeda dengan temannya.

"Bisa dikatakan trauma. Saya dipukuli dan disuruh-suruh dan saya mengiyakan saja karena saya takut tidak punya teman jika melawan," kata Rizki, Jumat (15/2/2019).

Lirik dan nada lagu "Balaslah dengan Karya" tersebut diciptakan 5 tahun lalu saat dia masih sekolah.

Lagu tersebut menceritakan isi hatinya yang sering dihina dan sering di-bully karena difabel.

Baca Juga: Kisah Rizky, Sering Dihina karena Difabel, Balas dengan Ciptakan Lagu

2. Pesan di dalam lagu "Balaslah dengan Karya"

Rizki di potongan video klip yang berjudul Ku Balas Dengan Karya yang di tulis untuk rekan-rekannya sesama difabelKOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Rizki di potongan video klip yang berjudul Ku Balas Dengan Karya yang di tulis untuk rekan-rekannya sesama difabel

Video klip lagi "Balaslah dengan Karya" melibatkan kawan-kawan difabel yang ada di Banyuwangi.

"Saya nggak mau menyebutnya ini karya saya sendiri tapi ini karya bersama-sama hanya kebetulan saja saya yang membuat liriknya dan nada sederhananya," jelasnya.

Video klip tersebut bercerita tentang seorang difabel yang sering dihina, namun dia tetap menghasilkan karya terbaiknya. Rizki menyanyikannya sendiri lagu tersebut, featuring dengan Krisandi.

Melalui lagu tersebut, Rizki ingin menyampaikan pesan bahwa para difabel pun masih bisa berkarya di tengah kekurangannya.

"Kami ingin melawan diskriminasi dan menunjukkan walaupun kami difabel tapi kami bisa berkarya seperti teman-teman lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: Sepekan Jadi Buron Polisi, Pembunuh Sadis di Bima Dilumpuhkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com