Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Lion Air JT 714 Tergelincir, Landasan Pacu Bandara Supadio Pontianak Ditutup Sementara

Kompas.com - 16/02/2019, 18:54 WIB
Amir Sodikin

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak dari tergelincirnya (overrun) pesawat Lion Air JT 714 pada Sabtu (16/2) pukul 13.50 WIB, landasan pacu Bandara Supadio Pontianak ditutup sementara.

Executive General Manager Bandara Supadio Jon, Mukhtar Rita, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu menjelaskan, pesawat Lion Air JT 714 berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan tiba di Supadio sekitar 13.50 WIB, mendarat dengan mengalami overrun atau tergelincir.

Kondisi ini membuat landasan pacu tidak dapat digunakan atau dalam kondisi block runway pada pukul 15.15 WIB.

"Kami saat ini tengah berupaya memindahkan pesawat tersebut agar landasan pacu dapat kembali malam ini digunakan untuk penerbangan dari dan ke Supadio, Pontianak," kata Mukhtar seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Pesawat Keluar Landasan Saat Mendarat di Pontianak, Ini Penjelasan Lion Air

Saat mendarat, cuaca di bandara dalam keadaan hujan deras. Jumlah penumpang dalam penerbangan tersebut adalah 180 penumpang dan dua bayi. Semua penumpang dalam kondisi selamat dan telah berhasil dievakuasi keluar dari pesawat ke terminal Bandara Internasional Supadio.

Akibat kejadian ini ada tiga penerbangan yang terdampak yakni NAM Air nomor penerbangan IN-156 (return to apron atau kembali ke apron), Citilink QG-415 (return to base atau kembali ke bandara asal), dan Garuda Indonesia GA-154 (return to base)

"AP II memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi di Bandara Supadio," katanya.

Dalam keterangan tertulisnya, pihak Lion Air menjelaskan, jarak pandang saat itu dilaporkan memenuhi persyarata pendarata, walaupun terjadi hujan. Pihak Lion Air menekankan, penerbangan Lion Air JT-714 telah dipersiapkan secara baik.

Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPS sebelum dioperasikan sudah dilaksanakan pengecekan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight).Seluruh penumpang dan kru sudah dievakuasi dengan dalam keadaan selamat.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas kondisi dan ketidaknyamanan yang timbul. Lion Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Lion Air lainnya tidak terganggu," demikian pernyataan tertulis Lion Air. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com