Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

36 Hektar Lahan di Bengkalis dan Dumai Terbakar

Kompas.com - 16/02/2019, 10:13 WIB
Citra Indriani,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda wilayah Kabupaten Bengkalis dan Dumai di Riau. Luas lahan yang terbakar mencapai 36 hektar.

Kepala Daerah Operasi (Daops) Manggala Agni Siak Sailendra mengatakan, kebakaran hutan dan lahan di Bengkalis terjadi di tiga kecamatan sejak sepekan terakhir. Hingga saat ini pemadaman serta pendinginan api masih dilakukan tim satgas di lokasi yang merupakan lahan gambut tersebut.

"Sebagian besar api sudah berhasil kami padamkan. Lokasi kebakaran di Kecamatan Bukit Kerikil 17 hektar, Kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil masing-masing 1,5 hektar. Jadi total yang terbakar 20 hektar," kata Sailendra, Sabtu (16/2/2019).

Baca juga: Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Meluas Capai 108,5 Hektar

Dia mengatakan, pemadaman karhutla dilakukan tim gabungan dari Manggala Agni, kepolisian, TNI, BPBD, dan masyarakat peduli api (MPA).

Sementara kebakaran lahan gambut di wilayah Dumai terjadi di lahan seluas sekitar 16 hektar. 

Karhutla di Dumai sudah terjadi sepekan terakhir. Sabtu ini tim Satgas Karhutla masih berjibaku mematikan api di Jalan Parit, Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sei Sembilan, Kota Dumai.

Petugas kesulitan untuk menjangkau titik api karena angin kencang dan ada asap pekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com