Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Hari Pertama Khofifah Jadi Gubernur Jatim, Kenalkan CETTAR hingga Rapat sampai Subuh

Kompas.com - 15/02/2019, 17:39 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Setelah resmi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah dan Emil Dardak berjanji akan "tancap gas". 

Hal itu, menurut Khofifah, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo seusai melantiknya di Istana Negara.

Sementara itu, saat orasi kebangsaan di Tugu Pahlawan, Surabaya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa langsung mengenalkan program CETTAR.

CETTAR yang dimaksud Khofifah adalah singkatan dari Cepat, Efektif, Tanggap, Transparansi, dan Responsif.

Seperti diketahui, Khofifah dan Emil Dardak resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (13/2/2019). 

Berikut ini fakta menarik pada hari pertama Khofifah menjabat Gubernur Jatim:

1. Pesan Presiden Jokowi untuk Khofifah dan Emil

Suasana kirab menjelang pelantikan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (13/2/2019).Fabian Januarius Kuwado Suasana kirab menjelang pelantikan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dirinya mendapat pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk langsung bekerja menyelesaikan persoalan di Jatim seusai dilantik sebagai gubernur.

Khofifah bersama wakilnya, Emil Dardak, dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

"Pesan Pak Presiden Jokowi seusai pelantikan kemarin, saya diminta langsung 'tancap gas'," kata Khofifah seusai orasi kebangsaan di Lapangan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Jatim, Kamis (14/2/2019).

Untuk itu, Khofifah langsung menggelar rapat dengan pimpinan organisasi perangkat daerah, Sekdaprov Jawa Timur, membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Jakarta.

"Menjelang subuh tadi pertemuan baru selesai membahas RPJMD," ucapnya.

Khofifah mengatakan akan mengaplikasikan program dan janji kampanye Nawa Bhakti Satya dalam 99 hari kerja sejak dia dilantik.

Baca Juga: Khofifah : Presiden Jokowi Perintahkan Saya "Tancap Gas"

2. Program CETTAR ala Khofifah

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan orasi kebangsaan di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (14/2/2019)KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan orasi kebangsaan di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (14/2/2019)

Di acara orasi kebangsaan, Khofifah mengenalkan program CETTAR miliknya. Cepat, Efektif, Tanggap, Transparansi, dan Responsif disingkat CETTAR diharapkan bisa mendongkrak kinerja pegawai di Pemprov Jatim.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com