Cerita di Balik Skripsi #2019GantiPresiden Karya Lulusan Terbaik Unpad, Ridwan Kamil dan Dosen Pembimbing

Kompas.com - 15/02/2019, 10:12 WIB
Regita Anggia (20), terpilih sebagai wisudawan terbaik Universitas Padjadjaran (Unpad). Ia lulus program studi ilmu komunikasi dengan IPK 4. DOK UNIVERSITAS PADJADJARANRegita Anggia (20), terpilih sebagai wisudawan terbaik Universitas Padjadjaran (Unpad). Ia lulus program studi ilmu komunikasi dengan IPK 4.

BANDUNG, KOMPAS.com - Regita Anggia (20) terpilih sebagai wisudawan terbaik Universitas Padjadjaran ( Unpad) dengan IPK sempurna, 4,0, pada wisuda gelombang II tahun akademik 2018/2019 pada 6 Februari.

Dia lulus program studi ilmu komunikasi dengan IPK 4, setelah menyelesaikan skripsi berjudul "Pengaruh Sikap pada #2019GantiPresiden sebagai Gerakan populis Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula Universitas Padjadjaran melalui Penggunaan #2019GantiPresiden di Media Sosial".

“Saya tertarik dengan isu media. Gerakan #2019GantiPresiden pun erat kaitannya dengan media sosial. Jadi saya tertarik menelitinya,” ujar Regita saat dihubungi Kompas.com, melalui telepon seluler, Selasa (12/2/2019).

Baca juga: Skripsi #2019GantiPresiden Antar Regita Anggia Jadi Lulusan Terbaik Unpad dengan IPK 4

Selain itu, perempuan yang kerap dipanggil Gita ini mengambil tema tersebut karena ramai diperbincangkan di media sosial. Dia melihat, fenomena itu layak diteliti secara ilmiah.

Regita menjelaskan, tujuan dari penelitiannya adalah untuk melihat efek sikap dan kontribusi modal sosial dalam membentuk partisipasi yang dipengaruhi oleh sikap terhadap #2019GantiPresiden di media sosial.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner secara online kepada mahasiswa.

“Dengan non-probability sampling, terdapat 443 responden yang merespons kuisioner dan menjadi sampel penelitian ini,” ungkapnya.

Baca juga: Joko Widodo, Caleg Beranak 10 yang Ogah Nebeng Ketenaran Presiden Jokowi

Hasilnya, tidak terdapat efek langsung dari sikap terhadap #2019GantiPresiden pada partisipasi politik pemilih pemula.

Selain itu, modal sosial berkontribusi positif membentuk partisipasi politik pemilih pemula yang dipengaruhi secara tidak langsung oleh sikap terhadap #2019GantiPresiden melalui penggunaan #2019GantiPresiden di medsos.

Ridwan Kamil dan dosen pembimbing

Regita mengaku sempat kesulitan mengerjakan skripsinya karena tema gerakan ganti presiden bukan tema awal yang dia ajukan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X