5 Kisah Inspiratif, Dokter Gigi Penyelamat Hutan hingga Mantan Preman Jadi Petani Sukses

Kompas.com - 15/02/2019, 07:00 WIB
Mulai dua dari kiri, Alffy Rev, Bagas Suratman, Hotlin Omposunggu, Utari Octavianty, Iskandar Slameth dan Ronald Regang, saat roadshow BBC Get Inspired di Universitas Merdeka Malang, Kamis (14/2/2018).KOMPAS.com/ FARID ASSIFA Mulai dua dari kiri, Alffy Rev, Bagas Suratman, Hotlin Omposunggu, Utari Octavianty, Iskandar Slameth dan Ronald Regang, saat roadshow BBC Get Inspired di Universitas Merdeka Malang, Kamis (14/2/2018).

MALANG, KOMPAS.com - Lima anak muda inspiratif berbagi inspirasi di dua kampus di Indonesia, yakni di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Selasa (12/2/2019) dan di Universitas Merdeka Malang, Jawa Timur, Kamis (14/2/2019).

Mereka berbagi pengalaman dalam mengubah masyarakat di sekitarnya menuju arah yang lebih baik. Kiprah mereka sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat banyak.

Berikut kisah lima inspirator yang mengikuti roadshow BBC Get Inspired

1. Hotlin, dokter gigi penyelamat hutan


Hotlin Omposunggu saat diwawncara di lobi Hotel Mercure, Padang, Sumatera Barat, Senin (11/2/2019) malam.KOMPAS.com/ FARID ASSIFA Hotlin Omposunggu saat diwawncara di lobi Hotel Mercure, Padang, Sumatera Barat, Senin (11/2/2019) malam.

Hotlin Ompusunggu, seorang dokter gigi mengubah masyarakat di Sukadana, Kalimantan Barat, yang tadinya pembalak liar menjadi penjaga hutan. Hotlin mendirikan klinik yang dibayar dengan bibit pohon. Bibit pohon itu nantinya ditanam di kawasan hutan yang rusak.

Selain itu, perempuan kelahiran Medan tersebut juga membeli kembali gergaji mesin dari pembalak liar. Selama dua tahun, 70 orang telah menukarkan gergaji mesin dengan uang Rp 10 juta. Uang itu untuk modal berusaha agar mereka tidak lagi membalak hutan.

“Hasilnya bagus. Selama sepuluh hutan yang rusak kembali rindang dengan pohon. Lalu masyarakat sekitar pun jadi ikut menjaga hutan," kata Hotlin.

Pada tahun 2007, kata Hotlin, jumlah pembalak liar di sekitar Taman Nasional Gunung Palung sebanyak 1.350 orang. Pada 2017, jumlahnya menurun menjadi sekitar 150 orang.

Baca juga: Fakta di Balik Kisah Sukses Heru Si Peternak Ikan Cupang, Untung Rp 15 Juta Per Bulan hingga Bantu Cegah DBD

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X