Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Balik Lapas, Napi Asal Jambi Kirim Satu Kilogram Sabu ke Palembang

Kompas.com - 14/02/2019, 22:36 WIB
Aji YK Putra,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.comDirektorat Narkoba Polda Sumatera Selatan mengungkap peredaran narkoba dari balik lembaga pemasyarakatan (lapas) yang dilakukan oleh Man Kodol, narapidana di Lapas Sarolangun, Jambi.

 

Wakil Direktur (Wadir) Direktorat Reserse Polda Sumsel AKBP Amazona Pelamonia mengatakan, pengungkapan tersebut berawal saat petugas menangkap tersangka Zulholis alias Jul (32) di KM 12 Kecamatan Sukarami, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (4/2/2019).

Baca juga: Lawan Polisi Saat Akan Ditangkap, Pengedar Narkoba Ditembak

Dari tangan Jul yang merupakan warga kawasan Kecamatan Sukarami, Palembang tersebut, petugas mengamankan narkoba jenis sabu-sabu seberat satu kilogram.

"Saat akan digeledah tersangka mencoba melawan dan mengeluarkan senjata tajam. Satu anggota terluka, sehingga kita berikan tindakan tegas dengan melumpuhkan tersangka," kata Amazon saat pengungkapan kasus di Mapolda Sumsel, Kamis (14/2/2019).

Amazon mengatakan, Jul mendapatkan sabu-sabu yang dikirimkan dari Jambi atas perintah Man Kodol yang merupakan napi di Lembaga Pemasyarakatan Sarolangun, Jambi dengan menggunakan mobil bus.

Baca juga: Pura-pura Jadi Pembeli, Polisi Bekuk 2 Pengedar Narkoba

Setelah tiba di Palembang, seseorang pelaku lain langsung menyerahkan sabu tersebut kepada Jul untuk diedarkan.

Sebelum mengambil barang, Jul dihubungi oleh Man Kodol dari dalam lapas.

"Pengakuannya sabu itu milik Napi di Jambi, ia hanya menerima di Palembang untuk kembali diedarkan. Kasus ini masih dikembangkan," ujar Amazon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com