Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pedagang Pasar Gede Solo Doakan Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.com - 14/02/2019, 16:01 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.comPedagang Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, menggelar tumpengan nasi kuning untuk mendukung sekaligus mendoakan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019, Kamis (14/2/2019).

Tumpengan nasi kuning lengkap dengan lauk pauk itu berlangsung di halaman pasar peninggalan kolonial.

Acara tersebut berlangsung meriah dan khidmat karena para pedagang turut membawa poster yang merupakan wujud dukungan mereka terhadap mantan Wali Kota Surakarta dua periode tersebut.

Poster yang mereka bawa pun beragam tulisannya, seperti "Ing Ngarso Sun Tuladha, Tut Wuri Derek Jokowi", "Es Blewah Rasane Legi, Bakul Buah Pilih Pak Jokowi", "Isi Semangka Jadi Kwaci, Kita Berdoa Jokowi Kepilih Lagi", dan lainnya.

Baca juga: Tim Jokowi-Maruf Pakai Strategi Perang Total, Ini Maksudnya

Setelah didoakan oleh salah satu pedagang, tumpeng nasi kuning itu mereka potong dan dibagikan kepada para pedagang, kuli gendong, dan abang becak.

Seorang pedagang buah yang juga koordinator aksi, Suharni, menyampaikan, tujuan dari kegiatan itu adalah untuk mendoakan Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin agar terpilih menjadi presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019.

Dia menilai Jokowi merupakan sosok pemimpin yang jujur dan peduli terhadap rakyat kecil. Oleh karena itu, lanjut Suharni, para pedagang Pasar Gede Solo berharap Jokowi bisa melanjutkan untuk satu periode kembali.

"Tumpengan ini murni dari para pedagang, abang becak, dan kuli gendong. Tidak ada maksud apa-apa. Yang kami inginkan Bapak Jokowi bisa terpilih lagi nanti," kata Suharni ditemui sesuai acara tumpengan di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Baca juga: Muhaimin Klaim Jokowi-Maruf Unggul di Jawa Barat

Ada 500 pedagang Pasar Gede yang ikut dalam acara tersebut. Mereka menginginkan agar Jokowi kembali memimpin Indonesia untuk periode 2019-2024.

Pedagang lain, Sutrisno, menambahkan, acara tersebut merupakan inisiatif dari para pedagang. Dibutuhkan waktu tiga hari untuk mempersiapkan acara itu.

"Semua biaya dari pedagang sendiri. Ini bentuk dukungan pedagang untuk Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com