Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budi Waseso Lantik Ridwan Kamil Jadi Majelis Pembina Daerah Pramuka Jabar

Kompas.com - 13/02/2019, 13:40 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Kwarnas Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso melantik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi Majelis Pembina Daerah (Mabida) Pramuka Jabar.

Proses pelantikan berlangsung di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (13/2/2019).

Dalam kesempatan itu, Budi berharap kehadiran Ridwan Kamil dapat memberi sentuhan baru dalam pengembangan Pramuka di Jabar.

"Karena gubernur Jabar sudah berganti, maka jabatan sebagai pembina daerah itu Pak Ridwan Kamil. Maka hari ini saya lantik beliau. Supaya program Pramuka di Jabar tidak berhenti. Karena pembinaan Pramuka ada tanggungjawab dari kepala daerah wilayah termasuk kota kabupaten. Sehingga berkesinambungan terus pembinaan pramuka ke depan," kata Budi, usai pelantikan.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Pelapornya ke Bawaslu Orang Iseng

Ia mengatakan, eksistensi Pramuka di Jabar diharapkan mampu menggiring generasi milenial dan generasi Z ke arah lebih baik dan membentengi anak muda dari faham radikalisme.

"Di antaranya kan ada paham radikalisme, kekerasan, sekarang sudah kita lihat. Nah ini harus kita tangkal dengan bagaimana peran pendidikan dan kepramukaan itu bisa menangkal radikal termasuk budaya kekerasan yang sebenarnya tidak sesuai dengan negara kita ya. Karena negara kita negara Pancasila," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak Pramuka di Jabar untuk membantu ragam program di Jawa Barat.

Baca juga: Temui Maruf Amin, Ridwan Kamil Minta Doa

 

Menurut dia, Pramuka merupakan salah satu organisasi yang fleksibel dan mampu beradaptasi dengan zaman.

"Ini adalah hari yang ditunggu-tunggu, karena Jabar kan punya semangat Ngabret, gaspol gitu. Setelah hari ini kita akan memaksimalkan, karena dari semua organisasi hanya pramuka yang paling fleksibel beradaptasi dengan dinamika zaman, nah sehingga kita berharap pramuka menjadi sebuah elemen yang menjadi inspirasi pemuda Indonesia," kata Ridwan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com