Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun RPTRA di Gianyar, BPJS Ketenagakerjaan Ikut Bangun Perekonomian

Kompas.com - 13/02/2019, 06:00 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

GIANYAR, KOMPAS.com - Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Agus Susanto menyatakan, berdasarkan undang-undang kehadiran badan yang dipimpinnya tidak hanya memberikan perlindungan atau jaminan sosial kepada tenaga kerja.

Kata dia, BPJS ketenagakerjaan dalam pengelolaannya juga mempunyai visi untuk membangun perekonomian bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu upaya dalam mewujudkan itu adalah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar, Bali membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Gedung Olahraga (GOR) Kebo Iwa, Gianyar, Bali, Selasa (12/2/2019),

"Dalam kerja sama ini Pemkab Gianyar menyediakan lahan, sementara kami menyediakan dana untuk pembangunan yang totalnya kurang lebih Rp 6 miliar," ucap Agus.

Adapun terkait sumber dana pembangunan, ia menjelaskan bahwa itu bersumber dari anggaran Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BPJS Ketenagakerjaan. Agus menjelaskan dana TJSL sendiri berasal dari penghematan atau efisiensi operasional BPJS Ketenagakerjaan.

"Kalau di perusahaan swasta atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ada yang namanya kegiatan Corporate Social Reponsibility (CSR). Di kami karena lembaga non profit maka CSR tidak ada. Namun kami ada TJSL yang mirip dengan CSR," kata Agus.

Lebih lanjut, Dirut BPJS Ketenagakerjaan itu berharap, ruang terbuka di Gianyar tersebut dapat dijadikan sebagai sarana warga setempat. Mulai dari tempat olahraga, rekreasi, pendidikan dan juga sarana memperkuat kohesi antar masyarakat untuk berinteraksi sosial.

"Tentunya ruang terbuka ini menjadi live balance para pekerja di Kabupaten Gianyar. Jadi mereka tidak melulu bekerja cari uang, tetapi life balance-nya juga harus dijaga," ucap Agus.

Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gede Mayun (kiri) sedang menerima penghargaan dari Dirut BPJS Ketenagakerjaan.KOMPAS.com/Mikhael Gewati Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gede Mayun (kiri) sedang menerima penghargaan dari Dirut BPJS Ketenagakerjaan.
Sementara itu, Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gede Mayun yang hadir dalam peletakan batu pembangunan RPTRA itu mengatakan, sangat mendukung langkah BPJS Ketenagakerjaan membangun ruang terbuka hijau.

Ini sebab keberadaan RPTRA nantinya dapat memberikan dampak positif bagi Pemkab dan warga setempat. Mulai dari mendukung usaha Kabupaten Gianyar menjadi kabupaten layak anak, dan tempat untuk mendapatkan informasi yang benar.

"Ruang terbuka hijau pun bisa menjadi tempat anak-anak untuk meluangkan waktu mengasah kreatifikasi anak-anak warga," kata Anak Agung Gede Manyun, Selasa (12/2/2019).

Perlu diketahui dari total luas lahan GOR Kebo Iwa, yakni 27.000 meter persegi, yang dibangun RPTRA seluas 13.170 meter persegi. Berbagai fasilitas olahraga, seperti jogging track, lapangan tennis, basket, wall climbing dan skate park akan tersedia di ruang terbuka hijau Gianyar.

Tak ketinggalan di sana akan pula dilengkapi jalur refleksi, food court, area bermain anak, amphiteather dan pura.

Selain membangun RPTRA di Gianyar Bali, BPJS Ketenagakerjaan saat ini pun sedang membangun ruang terbuka hijau di Makassar, Sulawesi Selatan. Letaknya ada persis di Pantai Losari.

"Di sana kami ikut mempercantik ruang terbuka hijau untuk menarik wisatawan lokal dan internasional," ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com