BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia Timur - Kompas.com

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia Timur

Kompas.com - 12/02/2019, 16:44 WIB
Ilustrasi gelombang tinggiKOMPAS.com/ JUNAEDI Ilustrasi gelombang tinggi

GORONTALO, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengeluarkan peringatan dini terjadinya gelombang tinggi (rough sea) di sejumlah perairan Indonesia timur.

Peringatan ini dikeluarkan oleh Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Sulawesi Utara, yang disebarkan oleh Kepala Seksi Observasi dan Informasi, Ricky Daniel Aror.

“Peluang gelombang ini terjadi pada 13-14 Februari, semua pihak diminta memperhatikan risiko keselamatan pelayaran,” kata Indar Adi Waluyo, Kepala BMKG Gorontalo yang menyitir pengumuman Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Selasa (12/2/2019).

Baca juga: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Beberapa Wilayah Ini

Gelombang tinggi ini bisa mencapai antara 2,5-4 meter yang berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah, Laut Sulawesi bagian timur, timur Kota Bitung, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, dan Laut Maluku bagian utara.

“Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar peringatan dini diminta mempertimbangkan kondisi ini,” kata Indar Adi Waluyo.

Selain gelombang tinggi tersebut, juga diumumkan gelombang moderat (moderate sea) dengan ketinggian 1,25-2,5 meter yang berpeluang terjadi di perairan Kalimantan Utara, Laut Sulawesi bagian barat, perairan utara Sulawesi, perairan Manado, perairan selatan Sulawesi Utara, Laut Maluku bagian selatan.


Terkini Lainnya


Close Ads X