Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,1 Terjadi di Kepulauan Talaud Sulawesi Utara

Kompas.com - 12/02/2019, 16:15 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Khairina

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 5,1 terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Selasa (12/2/2019) pukul 15.01 WIB.

"Lokasi gempa terjadi di 4.82 LU,126.37 BT (94 kilometer barat laut Kepulauan Talaud Sulut), dengan kedalaman 69 kilometer," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko, melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Selasa sore.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tegas Edward.

Baca juga: Tak Terdata, Korban Gempa di Desa Bug Bug Lombok Demo

Gempa yang terjadi, menurut Edward, gempa bumi berkedalaman menengah yang dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan struktur sesar geser cenderung naik (oblique-thrust).

Soal gempa susulan, kata dia, pihaknya belum deteksi sampai saat ini.

"Tetapi kami akan terus melakukan pemantauan jika terjadi gempa susulan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Talaud Bonifasius Wangkanusa mengatakan, untuk sementara ini belum ada laporan apakah gempa dirasakan dan kerusakan akibat gempa tersebut.

"Yang jelas di Kecamatan Melonguane, tidak merasakan gempa," sebutnya saat dihubungi Kompas.com via telepon.

"Nanti saya akan coba tanyakan di masing-masing kecamatan," ujarnya.

Kompas TV Gempa yang terjadi di Kepulauan Mentawai membuat warga panik, Sabtu (2/2). Teriakan dan tangis histeris warga di Pulau Pagai Selatan terdengar pada saat gempa bermagnitudo6,0 terjadi. Selain di Pagai Selatan, gempa juga membuat warga di pulau lainnya di Kabupaten Kepuluan Mentawai panik dan berlarian keluarrumah dan bangunan. Namunsejauh ini,belum ada laporan dampak kerusakan maupun korban jiwa atas peristiwa gempaitu.Warga diminta untuk tetap waspada akan adanya gempa susulan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com