Kapal Nelayan Terbalik Diterjang Ombak di Laut Karawang, 4 Orang Hilang

Kompas.com - 12/02/2019, 14:40 WIB
Kapal tenggelam.Thinkstock Kapal tenggelam.

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebuah kapal nelayan terbalik dihantam ombak di Perairan Sadewa, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang.

Enam orang selamat dalam kejadian ini, namun empat orang lainnya masih dalam pencarian.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, kecelakaan laut ini terjadi pada Minggu (10/2/2019) lalu, sekitar pukul 21.00 WIB.

Kapal nelayan tersebut terbalik di koordinat LS 05° 106' 021" BT 107° 04' 986”.

"Jumlah penumpang kapal nelayannya sebanyak 10 orang terdiri dari 6 orang nelayan yang selamat dan 4 orang nelayan belum diketemukan," kata Truno melalui pesan singkatnya, Selasa (12/2/2019).

Baca juga: Sepuluh Korban Kapal Tenggelam di Muara Digoel Papua Berasal dari Lebak, Banten

Truno menjelaskan, peristiwa ini berawal saat kapal nelayan bernama Sinar Laut berlayar di koordinat Perairan Sadewa Karawang. Kapal yang dinakhodai Supardi ini membawa 9 orang anak buah kapal (ABK).

"Mereka ini sedang memancing cumi dan kondisi kapal lego jangkar kemudian tiba-tiba datang ombak besar menghantam kapal dan terbalik," katanya.

Nahkoda beserta 9 orang ABK pun ikut tercebur ke laut. Namun, 6 orang nelayan berlindung di atas perahu sampai akhirnya ditemukan dan ditolong kapal nelayan lainnya pada Senin (11/2/2019), sekitar pukul 09.00 WIB.

"Namun, empat orang lainnya hingga saat ini masih belum ditemukan," katanya.

Mulai Senin (11/2/2019), kepolisian melakukan pencarian korban.

"Kami koordinasi dengan kapal – kapal patroli dari Pertamina yang berada di Perairan Karawang untuk dapat membantu pencarian korban dan menginformasikan kejadian ini kepada para nelayan sepanjang Perairan Karawang untuk dapat membantu mencari korban," katanya.



Close Ads X