Kondisi Sunarti Belum Optimal, Dokter Belum Bisa Tentukan Tanggal Operasi

Kompas.com - 12/02/2019, 06:31 WIB
Sunarti (39) tampak terbaring miring saat tengah diperiksa petugas medis RSHS Bandung.KOMPAS.com/AGIEPERMADI Sunarti (39) tampak terbaring miring saat tengah diperiksa petugas medis RSHS Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Dokter Spesialis Konsultan Bedah Digesif (bedah pencernaan) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Reno Budiman mengatakan, tim dokter belum bisa menentukan tanggal yang tepat untuk melakukan bedah bariatrik terhadap Sunarti (39), karena kondisi tubuh pasien yang belum optimal. 

"Kami belum bisa tentukan tanggal tepat operasinya, tapi sudah ada plan mau langkah apa saja, nanti kami update lagi," kata Reno, saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/2/2019).

Baca juga: Atur Asupan Makanan, Dokter Targetkan Berat Badan Sunarti Turun 14 Kg


Dia mengatakan, ada beberapa hal yang akan dilakukan tim dokter untuk mempersiapkan wanita penderita obesitas asal Karawang tersebut, agar optimal menjalani operasi nanti.

"Pasien ini ada masalah di hormonnya, paru-paru, protein tubuhnya juga kurang. Itu semua perlu persiapan dulu. Kami akan perbaiki dulu keadaanya," ujar dia.

Mengingat belum optimalnya kondisi pasien, tim dokter akan memantau kondisi Sunarti hingga selasa (12/2/2019). Apabila keadaan pasien sudah siap, maka tim dokter akan menjadwalkan proses operasi.

"Saat ini belum fix untuk operasi, jadi perbaikan dulu, nanti Selasa kami follow up lagi, mudah-mudahan hasilnya kalau misalkan ok, baik, bisa dijadwakan," tutur dia.

Baca juga: Percepat Penurunan Berat Badan, Dokter Akan Bedah Lambung Sunarti

Selain itu, gizi pasien pun belum stabil, karenanya tim dokter terus mengatur pola makan pasien dengan membatasi makannya.

"Gizi juga sedang kami persiapakn untuk operasi, jadi makanan dia sudah dibatasi, harapan sebelum operasi, dia makin optimal," kata dia.


Terkini Lainnya


Close Ads X