Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Surakarta Libatkan Relawan Demokrasi Dongkrak Partisipasi Pemilih Pemilu 2019

Kompas.com - 10/02/2019, 14:04 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Relawan Demokrasi bentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta resmi di-launching di Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/2/2019).

Peluncuran Relawan Demokrasi yang berlangsung di car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, itu bertujuan untuk mendongkrak partisipasi pemilih Pemilu 2019.

Divisi Bidang Perencanaan, Data dan Informasi KPU Surakarta Kajad Pamuji Joko W mengatakan, Relawan Demokrasi dibentuk pada 28 Januari 2019. Para relawan juga telah diberikan bimbingan teknis (bintek) dan sosialisasi pemilih di komunitasnya.

"Ada 11 komunitas Relawan Demokrasi yang ada di Solo. Mereka kami bentuk untuk meningkatkan partisipasi pemilih di komunitas masing-masing, sesuai dengan cara sosialisasi terkait tahapan pemilu," kata Kajad, saat ditemui Kompas.com, di sela-sela peluncuran, di Jawa Tengah, Minggu.

Baca juga: Tembus Wilayah Terisolir Bencana Longsor Gowa, Para Relawan Ini Nekat Bertaruh Nyawa

Kajad menyebut, 11 komunitas Relawan Demokrasi itu di antaranya ada komunitas disabilitas, komunitas keluarga, komunitas pemilih muda, komunitas pemula, komunitas warganet (netizen), komunitas keagamaan, marginal, dan lainnya.

Adapun syarat menjadi Relawan Demokrasi adalah bukan anggota partai politik (parpol) dan asli warga Solo, dibuktikan dengan kartu identitas (e-KTP). Para pendaftar selanjutnya diseleksi dengan mengikuti tes wawancara atau interview.

"Relawan harus memiliki jiwa sosial, semangat untuk memajukan demokrasi di Indonesia, khususnya di Solo," ujar Kajad.

Relawan Demokrasi tersebar di lima kecamatan di Solo, yang meliputi Laweyan, Serengan, Pasar Kliwon, Banjarsari, dan Jebres.

"Secara nasional targetnya 77,5 persen pemilih. Paling tidak hadirnya relawan ini partisipasi pemilih pemilu di Solo bisa melampaui target nasional," ujar Kajad.

Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 yang akan berlangsung pada 17 April di Solo ada 1.732 tempat pemungutan suara (TPS) dengan jumlah data pemilih tetap hasil perbaikan kedua sebanyak 421.999 pemilih.

Baca juga: Instruksi Prabowo untuk Relawan pada 17 April 2019

Seorang Relawan Demokrasi dari komunitas disabilitas Ahmad Hari Yulianto mengatakan, keinginannya menjadi Relawan Demokrasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih di komunitas disabilitas.

Selama ini, ia menilai, masih banyak komunitas disabilitas yang belum tersentuh sosialisasi sehingga tak sedikit dari mereka yang tidak menggunakan hak pilih.

"Kami akan melakukan pendekatan kepada orangtua yang berkebutuhan khusus, sekolah inklusi, dan mengedukasi kelompok disabilitas. Kami harapkan komunitas disabilitas nantinya bisa menggunakan hak pilihnya," ujar Yulianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com