Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Kharismatik Aceh Dihina di Facebook, Santri Lapor ke 2 Polres

Kompas.com - 09/02/2019, 12:17 WIB
Masriadi ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

ACEH TIMUR, KOMPAS.com — Alumnus Dayah (Pesantren) Mudi Mesra Samalanga melaporkan akun media sosial Facebook atas nama Abusyik Ureung Gasien ke dua polres, yaitu Polres Aceh Timur dan Polres Lhokseumawe.

Pemilik akun itu dinilai menghina pemimpin Dayah Mudi Mesra Samalanga, Hasanoel Basri HG, akrab disapa Abu Mudi Samalanga. Penghinaan itu dalam bentuk makian dan lain sebagainya.

Pelapor kasus itu, Mustafa M Yacob (45), di Mapolres Aceh Timur, Sabtu (9/2/2019), menyebutkan laporan resmi telah dibuat sehari sebelumnya.

"Kami melaporkan dan mengadukan akun Facebook Abusyik Ureung Gasien ini dengan aduan pencemaran nama baik terhadap guru kami. Saya datang atas nama alumni di Aceh Timur," kata Mustafa M Yacob.

Baca juga: Sebar Berita Bohong di Grup Facebook, Seorang Petani Ditangkap Polisi

Sementara pelapor kasus yang sama di Mapolres Lhokseumawe, Abdullah, menyebutkan, laporan resmi telah dibuat tiga hari lalu.

“Tindakan menghina ulama itu sungguh keterlaluan. Kami harap ini diproses hukum,” katanya.

Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro menyebutkan, polisi sedang menyelidiki kasus itu dengan mempelajari alat bukti yang dilampirkan.

“Kami juga berkoordinasi dengan Subdit II Ditreskrimsus Polda Aceh untuk bersama-sama melakukan penyelidikan karena ini menyangkut masalah agama dan sangat sensitif, terlebih korbannya adalah ulama kharismatik Aceh,” katanya.

Baca juga: Tulis Status Facebook Siswanya Mau Diculik, Kepsek Didatangi Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com