Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Media Konvensional Lebih Dipercaya daripada Media Sosial

Kompas.com - 09/02/2019, 11:31 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Presiden Jokowi berbicara tentang media sosial dan media konvensional di puncak Hari Pers Nasional di Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Mengutip data dari Edelman Trust Barometer, Jokowi menyebut media konvensional lebih dipercaya masyarakat daripada media sosial.

Hasil survei Edelman Trust Barometer pada 2018, kata Jokowi, kepercayaan masyarakat kepada media konvensional tercatat masih tinggi.

Pada 2016, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media konvensional sebesar 59 persen, sementara media sosial angkanya 45 persen.

"Pada 2017, media konvensional angkanya 58 persen dibanding 42 persen. Dan pada 2018, media konvensional 63 persen banding 40 persen," kata Jokowi.

Baca juga: Hadiri Perayaan HPN, Jokowi Ajak Media Bangun Optimisme Masyarakat

Di sisi lain, kata Jokowi, seiring dengan ekspansi jaringan internet, perkembangan media sosial melompat sangat tinggi. Pengguna intrnet di Indonesia saat ini mencapai 143,26 juta jiwa.

"Jumlah itu sebesar 54,68 persen dari total populasi masyarakat Indonesia. Dari jumlah itu, 87,13 persen mengakses media sosial," katanya.

Besarnya aksestabilitas masyarakat terhadap media sosial membuat setiap hal yang viral akan menjadi rujukan media sosial.

"Terkadang juga menjadi rujukan media konvensional," ucap Jokowi.

Baca juga: Berbagai Titipan Warga Cianjur untuk Jokowi..

Di tengah derasnya arus informasi dari media sosial, Jokowi berharap media arus utama tetap menjadi rumah penjernih dengan tetap melakukan verifikasi dan terhadap fakta dan kebenaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com