Tanya Surat Tugas hingga Kesurupan, Respons Tak Terduga Pelanggar Saat Ditilang

Kompas.com - 08/02/2019, 19:29 WIB
Sejumlah pengendara motor ditilang karena lewati jalur transjakarta di Jalan Jatinegara Barat, Bidara Cina, Jakarta Timur, Rabu (30/1/2019)KOMPAS.com/Ryana Aryadita Sejumlah pengendara motor ditilang karena lewati jalur transjakarta di Jalan Jatinegara Barat, Bidara Cina, Jakarta Timur, Rabu (30/1/2019)

KOMPAS.com – Aksi "unboxing" sebuah motor skuter matik yang dilakukan Adi Saputra saat ditilang polisi karena melanggar sejumlah aturan lalu lintas menjadi viral di jagat maya.

Entah malu, emosi, atau apa yang terjadi pada pemuda berusia 21 tahun itu sampai ia tega mempereteli motor berwarna merah yang dinaikinya bersama sang pacar.

Reaksi itu tentu tak diduga-diduga sebelumnya oleh petugas yang menggelar tilang pada Kamis (7/2/2019).

Namun, apa yang dilakukan Adi itu bukan satu-satunya reaksi tak terduga yang diterima polisi saat menilang pelanggar aturan lalu lintas.

Reaksi tak terduga lain muncul di beberapa kesempatan pada waktu dan lokasi yang berbeda-beda. Berikut ini Kompas.com sajikan beberapa di antaranya.

Tanyakan surat tugas polisi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by roda2blog.com (@roda2blog) on Aug 25, 2018 at 4:09pm PDT

 

Dalam sebuah operasi lalu lintas, seorang pemuda dihentikan petugas untuk diperiksa. Dalam video yang beredar, petugas terlihat menyampaikan maksud dan tujuannya memberhentikan perjalanan yang bersangkutan.

Ketika petugas meminta si pengendara menunjukkan kelengkapan surat-surat, bukannya menunjukan dokumen yang diminta, ia justru menanyakan surat tugas sang polisi.

"Saya diajarin sama om saya, Pak. Saya harus lihat surat tugasnya dulu baru saya kasih (surat-surat kelengkapan). Bapak kalau memang Bapak benar, ya sudah kasih suratnya saja, Pak,” kata si pengendara yang terlihat mengenakan jaket almamater sebuah kampus.

Baca juga: Viral, Kelakuan Pengendara Motor Minta Surat Tugas Polisi

Polisi pun menuruti kemauan si pengendara untuk menunjukkan surat tugasnya. Namun, pengendara ini justru tidak bisa menunjukkan SIM yang diminta oleh petugas.

“Nah wak waw ini enggak punya SIM,” kata sang petugas dengan spontan.

Si pengendara pun hanya terlihat tersenyum-senyum tanda mengakui kesalahannya dan tak bisa lagi mengelak.

Pamer lencana “CIA”

Reaksi tak terduga juga ditunjukkan seorang pria pengguna lalu lintas yang ditilang polisi di Kota Nanjing, Jiangsu, China pada 2017 lalu.

Ia ditilang karena mengendarai sepeda motor di jalur tol yang hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda 4 atau lebih.

Alih-alih menunjukkan SIM dan STNK nya, pengendara ini justru mengeluarkan lencana agen intelijen CIA. Di dalam dompetnya juga terdapat kartu identitas keanggotaan agen rahasia IMF.

Meskipun menunjukkan benda dan identitas yang terlihat “wah”, namun pria ini justru tidak bisa menunjukkan surat-surat kelengkapan berkendara yang diminta oleh petugas.

Baca juga: Ditilang Polisi, Pengendara Sepeda Motor Sodorkan Lencana CIA

Pura-pura kesurupan

Seorang remaja pura-pura kesurupan saat ditilang polisi.Bidik layar Instagram @lantas_poldabengkulu Seorang remaja pura-pura kesurupan saat ditilang polisi.

Selanjutnya adalah ulah seorang pengendara yang terkena tilang di Bengkulu. Secara mengejutkan, pengendara ini tiba-tiba mengerang dan mengeluarkan suara aneh layaknya orang kesurupan.

Namun, petugas tidak lantas terkelabui dengan apa yang dilakukan oleh pengendara tersebut.

Awalnya, pengendara dihentikan karena sepeda motor yang dikendarainya tidak memiliki spion.

Saat ditanyakan SIM dan STNK miliknya, yang bersangkutan tidak dapat menunjukkannya. Ia mengatakan belum memiliki SIM sementara STNK hilang.

Saat ditilang, pengendara ini mulai menunjukkan gelagat ala-ala orang kesurupan. Apalagi saat petugas meminta kendaraan double cabin untuk mengangkut motor pengendara, aktingnya semakin menjadi-jadi.

Pada akhirnya, pengendara itu pun berhenti dan mengakui dirinya berpura-pura kesurupan. Atas pelanggarannya, ia tidak dikenai tilang namun hanya diberi peringatan agar jera.

Baca juga: Akan Ditilang Polisi, Pelanggar Lalu Lintas Ini Pura-pura Kesurupan

Mengaku anak pegawai Kejaksaan RI

Seorang pengemudi sedan putih dihentikan oleh oleh petugas  yang tengah menggelar razia di Jalan Kalibata, Jakarta Selatan, karena plat nomornya diketahui tidak resmi.

Ketika diminta kelengkapan surat-suratnya, pengemudi bernama Farhat ini mengaku mobil  yang ditumpanginya adalah mobil baru, sehingga belum memiliki plat nomor asli. Plat asli masih dalam proses pembuatan, dan memerlukan waktu 2 bulan.

Dari dalam mobil, Farhat mengeluarkan ponsel dan menghubungi ibunya yang dia sebut bekerja di Kejaksaan RI.

Ia pun menyerahkan ponselnya dan menyuruh petugas untuk langsung berbicara dengan ibunya. Namun karena sang ibu enggan berbicara, akhirnya Farhat langsung dikenai surat tilang.

Baca juga: Ditilang Polisi, Pengemudi Ini Ngaku Mamanya Kerja di Kejaksaan

Pria genit ingin cium polisi

Reaksi tidak terduga saat ditilang yang terakhir, datang dari seorang pria yang berpenampilan seperti wanita di daerah Semarang Jawa Tengah.

Pria itu ditilang polisi karena sebuah kesalahan, bukannya merasa bersalah, ia justru ingin mencium sang polisi yang menilangnya.

Saat sang polisi menuliskan surat tilang, ia mencolek pipi sang polisi dengan tangannya yang gemulai.

Gelagat ini memang sudah terlihat dari lelaki ini sejak awal. Bahkan ketika diminta untuk menandatangani surat tilang, si pria terlihat mencilat terlebih dahulu pena yang akan digunakannya.


Terkini Lainnya


Close Ads X