Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Morotai Diguncang Dua Kali Gempa Bumi

Kompas.com - 07/02/2019, 21:15 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TERNATE, KOMPAS.com - Daerah Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, diguncang gempa dengan magnitudo masing-masing 5,3 dan 5,6, Kamis (7/1/2019). Dua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi tektonik di Kabupaten Morotai terjadi pukul 17.03 WIB dengan pusat gempa pada koordinat 2,27 LU dan 128,75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 54 km arah timur laut Kota Daruba, Kabupaten Morotai, Provinsi Maluku Utara, pada kedalaman 13 km.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Guncang Kepulauan Mentawai

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ternate, Kustoro Hariyatmoko.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Laut Filipina ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar oblique naik (oblique thrust fault).

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Daruba Morotai dan Tobelo dengan kekuatan sebesar III MMI.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa Bumi Sukabumi Menurut BMKG

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya, pukul 17.40 Wita, gempa bumi bermagnitudo 4.4 mengguncang Morotai pada koordinat 2,22 LU,128.72 BT (38 km Tenggara Pulau Morotai-Maluku Utara), di kedalaman 10 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com