Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Retaknya Kaca Kokpit Pesawat NAM Air Masih Diselidiki

Kompas.com - 06/02/2019, 18:18 WIB
Heru Dahnur ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Station Manager NAM Air Pangkal Pinang Tata Subrata menyatakan, penyebab keretakan pada kaca kokpit salah satu pesawat mereka di Bandara Depati Amir Pangkal Pinang masih dalam penyelidikan.

"Memang ada retak di bagian kaca kokpit. Hanya sebagian saja dari 16 bagian kaca di kokpit itu," kata Tata, di Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, Rabu (6/2/2019).

Dia menuturkan, kerusakan ditemukan saat malam hari sebelum keberangkatan. Ketika itu, petugas melakukan pengecekan rutin terhadap pesawat yang akan diberangkatkan pagi harinya.

"Ketika ditemukan retak, kami minta penumpang dibawa dengan pesawat lain. Salah satunya dengan pesawat Sriwijaya SJ 071," ucap dia.

Baca juga: Kaca Kokpit Pesawat Retak, 109 Penumpang NAM Air Dialihkan

Hingga Rabu sore, sejumlah teknisi pesawat NAM Air (Sriwijaya Air Group) masih melakukan perbaikan kaca kokpit yang retak.

Distrik Manager Sriwijaya Air Pangkal Pinang, Kianse mengatakan, perbaikan membutuhkan waktu cukup lama. Sementara, suku cadang tidak tersedia di Pangkal Pinang sehingga harus didatangkan dari Jakarta.

"Sparepart sudah dikirimkan pesawat dari Jakarta pagi tadi. Karena butuh waktu cukup lama, penumpang kami alihkan," kata Kianse.

"Untuk penumpang, kami berangkatkan secara estafet karena memang semua fligth hari ini full seat. Termasuk maskapai lain juga full seat karena arus balik Imlek," tambah dia.

Total 109 penumpang dari Pangkal Pinang tujuan Jakarta di pesawat itu, diberangkatkan bertahap hingga pukul 19.00 WIB.

Sedianya, 109 penumpang bertolak menuju Jakarta Rabu pada pukul 06.35 WIB. Setelah ditemukan kerusakan, penerbangan pengganti dilakukan bertahap hingga pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Nam Air Kini Terbangi Karimunjawa 3 Kali Sepekan

General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkal Pinang Chuanda mengatakan, pesawat yang mengalami kerusakan saat ini berada di Bandara Depati Amir Pangkal Pinang.

Ia menduga, sejumlah penumpang terlanjur ke bandara pagi harinya karena tidak mengetahui adanya pengalihan pesawat karena masalah teknis.

"Malam harinya sudah diinfokan maskapai kalau ada pengalihan. Mungkin sebagian terlambat dapat kabar," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com