Hujan Deras Akibatkan Banjir dan Longsor di Kendal

Kompas.com - 06/02/2019, 14:22 WIB
Halaman perkantoran Pemkab Kendal yang kebanjiran. KOMPAS.Com /Slamet Priyatin Kompas.Com /Slamet Priyatin Halaman perkantoran Pemkab Kendal yang kebanjiran. KOMPAS.Com /Slamet Priyatin

KENDAL, KOMPAS.com - Hujan deras yang terjadi sejak Selasa (5/2/2019) malam, mengakibatkan Kali Kendal di Jawa Tengah meluap. 

Hal itu mengakibatkan puluhan rumah yang berada sejumlah wilayah di Kendal yaitu di Dusun Pakis di Desa Sidomukti, Kecamatan Weleri, serta permukiman warga di Kelurahan Kauman dan Patukangan, Kecamatan Kendal, Jawa Tengah terendam banjir, Rabu (6/2/2019). 

Salah satu warga di Kelurahan Kauman, Khoirudin (63) mengatakan, ketinggian air mencapai 50 sentimeter. Banjir mulai masuk ke permukiman warga sekitar pukul 02.00 WIB.

“Ini banjir yang kedua pada tahun ini,” ujar Khoirudin saat ditemui Kompas.com di lokasi, Rabu.

Baca juga: Hujan Lebat, Belasan Rumah Terendam Banjir di Bangka

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kendal Wiwit Andariyono mengatakan, hujan deras di wilayah Kendal juga mengakibatkan tanah longsor di Dusun Bulu Pitu, Sumur Pitu dan Surokonto, Kecamatan Pageruyung, Kendal, jateng.

Saat ini pihaknya bersama masyarakat tengah berupaya membersihkan longsor yang menutup jalan desa. Petugas BPBD Jateng telah menyiapkan bantuan makanan untuk masyarakat yang terdampak banjir dan longsor.

Baca juga: Tiga Posko Dibuka Pasca-banjir dan Tanah Longsor di Manado

Wiwit mengimbau agar masyarakat tetap waspada ketika hujan turun.

“Insya Allah hari ini (pembersihan longsor) bisa selesai,” ujar Wiwit.



Close Ads X