Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Sulut dan China Bahas Peluang Kerja Sama Lintas Sektor

Kompas.com - 06/02/2019, 08:53 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dikabarkan tengah menapaki peluang kerja sama di berbagai sektor dengan China.

Hal tersebut terbukti saat Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) RI untuk China, Djauhari Oratmangun bersama delegasi di kediaman pribadi Gubernur Senin (4/2/2019).

Dalam pertemuan tersebut Olly membicarakan sejumlah peluang kerja sama lintas sektor antara Provinsi Sulut dengan China, salah satunya dalam sektor pariwisata.

Seperti diwartakan Kompas.com, Rabu (11/07/2018), laju pertumbuhan pariwisata di Sulut mulai menggeliat beberapa tahun terakhir. Ini karena provinsi dengan 15 kabupaten/kota ini memiliki kekayaan biodiversitas, kultur eksotis hingga kuliner khas yang tidak bisa dijumpai di daerah lain.

Sulut pun kerap dijuluki "The Land of Smile", berkat keramahan penduduknya yang mengagungkan slogan "Torang Samua Basudara" (kita semua adalah saudara).

Selain pariwisata, Olly dan Dubes RI untuk China membahas pula kerja sama dalam bidang investasi dan pendidikan.

“Terima kasih kepada rombongan delegasi Kedubes RI untuk China yang telah datang mengunjungi Sulut, saya berharap rombongan dapat menikmati suasana alam Sulawesi Utara serta menikmati pariwisatanya,” ujar Olly Dondokambey.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir mendampingi Gubernur adalah Sekretaris Daerah Edwin Silangen, Kepala Dinas (Kadis) Peridustrian dan Perdagangan, Kadis Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta Kadis Pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com