Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Tahun Kelenteng Tien Kok Sie di Solo Dikunjungi Selebritas

Kompas.com - 05/02/2019, 14:24 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kelenteng Tien Kok Sie di Solo, Jawa Tengah, merupakan salah satu kelenteng populer yang tidak pernah sepi pengunjung saat Tahun Baru Imlek 2019. Adapun, kelenteng ini terletak di Jalan RE Martadinat, Solo.

Masyarakat etnis Tionghoa mulai memadati kelenteng ini sejak h-7 sebelum perayaan tahun baru Imlek untuk berdoa. Mereka memanjatkan puja-puji untuk para dewa.

Tak hanya itu, jelang perayaan Imlek 2019, Kelenteng Tien Kok Sie juga didatangi oleh anggota DPR dan DPRD, bahkan kalangan selebritas, antara lain Bertrand Antolin.

Bertrand Antolin sempat mengunjungi Kelenteng Tien Kok Sie pada Minggu (3/2/2019) ketika masyarakat tengah menggelar kirab Grebeg Sudiro.

Sontak, warga yang menyadari kehadiran aktor ini langsung meminta berfoto bersama.

Salah satu pengurus Kelenteng Tien Kok Sie pun tidak heran kalau aktor berusia 38 tahun ini akan mengunjungi kelenteng. Ini dikarenaakan tiap tahunnya Bertrand rutin berdoa di kelenteng berusia hampir 300 tahun ini.

"Setiap dia ke Solo pasti datang ke sini. Kalau dia ke sini biasanya berdoa dan memberikan sumbangan," ujar Ketua Kelenteng Tien Kok Sie, Sumantri Dana Waluyo, pada acara Grebeg Sudiro itu.

Baca juga: Kelenteng Tien Kok Sie, Pusat Peringatan Imlek di Kota Solo...

Sumantri juga mengatakan bahwa pada 26 Februari 2019, Bertrand akan hadir di acara penutupan perayaan tahun baru Imlek di pendapa Balai Kota Solo.

"Dia tadi berjanji akan datang ke acara tersebut. Bertrand juga datang seminggu yang lalu dan, waduh, orang-orang pada ber-selfie ria," ujar Sumantri.

Melihat hal ini, Sumantri dan juga pengurus kelenteng hanya bisa menunggu sesi foto bersama.

Kemudian, Sumantri juga bercerita bahwa selain Bertrand Antolin, ada juga tamu dari kalangan selebritas yang datng ke Kelenteng Tien Kok Sie jelang Imlek 2019.

"Tahun lalu Meriam Bellina ke sini. Waktu kami sedang adakan (pertunjukan) liong dan barongsai, kemudian Meriam Bellina memberikan angpau kepada anak-anak," ujar Sumantri.

Biasanya kelenteng ini juga dikunjungi oleh wisatawan yang hanya sekedar melihat-lihat dan mengetahui sejarah dari Kelenteng Tien Kok Sie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com