Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Vegetarian sejak Kecil, Nenek 90 Tahun Ini Masih Gesit Bekerja Mengaspal Jalan

Kompas.com - 04/02/2019, 15:03 WIB
Sukoco,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com — Senyum tulus Mbah Sukiyem langsung mengembang ketika menerima Kompas.com yang bertamu ke rumahnya yang sederhana di Desa Sumber Sawit, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Senin (4/2/2019). 

Di usianya yang telah mencapai 90 tahun, Mbah Sukiyem masih terlihat gesit dan sehat beraktivitas. Dia melayani tamu yang datang dengan cekatan. 

Kesehatan dan kebugaran Mbah Sukiyem viral di media sosial (medsos) setelah fotonya saat sedang bekerja mengaspal jalan diunggah oleh akun Facebook milik Siswo Kinasih beberapa waktu lalu. 

Saat didatangi Kompas.com, Mbah Sukiyem bahkan tak keberatan membawa baskom untuk dibawa ke tetangganya.

"Mau takziyah tetangga yang baru meningal tadi subuh," ujarnya sambil kembali meletakkan baskom yang akan dibawanya dan mempersilakan para tamunya untuk duduk.

Baca juga: Kisah Nenek Emi yang Berhari-hari Temani Jasad Suaminya di Kamar

Mbah Sukiyem saat ini memilih tinggal sendirian di rumah peninggalan almarhum suaminya, Mangun Binu, ketimbang tinggal dengan salah satu anaknya. Mbah Sukiyem sendiri mempunyai enam anak dan memiliki 24 cucu dan cicit.

"Saya sudah bilang akan menjaga rumah peninggalan suami saya sampai meninggal nanti. Saya tidak mau merepotkan anak saya karena hidup mereka juga belum berkecukupan," imbuhnya.

Walaupun hidup sendiri, Mbah Sukiyem masih sangat sehat untuk mencari sumber pangannya. Untuk mencukupi kebutuhan makan, dia memilih merawat kebun peninggalan suaminya.

Dia bahkan tak merasa kesusahan untuk mencangkul atau menyiangi kebun peninggalan suaminya. Meski demikian, pekerjaan berat, seperti membuat parit, akan dikerjakan anaknya yang tinggal tak jauh dari rumahnya.

"Lha kalau ngaleni (bikin parit) yo tak kerjani sendiri. Kalau nyangkul dibantu anak saya," ucapnya.

Dia bercerita, sebulan lagi kebun peninggalan suaminya akan panen jagung sehingga urusan makanan tidak menjadi persoalan baginya. 

Baca juga: Mbah Gotho Dikenal Jago Berenang, Ini Resepnya biar Panjang Umur

Rahasia bugar ala Mbah Sukiyem

Kebugaran Mbah Sukiyem menjadi buah bibir warga Magetan setelah foto yang diunggah akun Siswo Kinasih di Facebook menjadi viral. Gambar tersebut memperlihatkan dirinya yang sedang bekerja mengaspal jalan.

Dengan sabar, Mbah Sukiyem menerangkan pekerjaannya tersebut. Dia mengaku biasa saja melakukan aktivitas mengecer batu koral dan mengangkut pasir untuk pembuatan jalan di desanya.

Karena tinggal di rumah sendiri, Mbah Sukiyem dapat giliran untul kerja bakti lingkungan. "Itu kejadiannya lima bulan lalu waktu ngaspal jalan desa.  Saya jalani sendiri wong pengerjaannya gotong royong. Kalau tidak datang, nanti didenda," ucapnya.

banyak warga yang bertanya apa resep sehat dan bugar Mbah Sukiyem di usia hampir seabad. Dia menjawab, rahasianya sedernaha saja, yakni pola hidup vegetarian dan berusaha mandiri tidak merepotkan orang lain. 

Baca juga: 5 Fakta Nenek yang Viral Selamatkan Cucu saat Banjir Gowa, Puluhan Tahun Jadi Orangtua Tunggal hingga Sekolahkan Anaknya Jadi Dokter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com