Gempa Magnitudo 5,0 di Talaud Tak Berpotensi Tsunami, BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi

Kompas.com - 04/02/2019, 10:59 WIB
Ilustrasi gempa. ShutterstockIlustrasi gempa.

MANADO, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 5,0 terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Senin (4/2/2019) pukul 08.35 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mencatat, gempa terjadi di lokasi 5.29 LU,127.49 BT (163 kilometer Timur Laut Kepukauan Talaud, Sulut), dengan kedalaman 95 kilometer.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry Mengko mengatakan, informasi gempa tersebut tidak dirasakan.

"Penyebab gempa yang dengan kedalaman menengah ini karena deformasi batuan akibat subduksi lempeng laut Filipinan," katanya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," tegas Edward.

Baca juga: Usai 5,7 Magnitudo, Empat Gempa Susulan Terjadi di Maluku

Sebelumnya, gempa magnitudo 4, 2 juga terjadi di Talaud, pukul 03.40 WITA. Lokasi 4.02 LU,127.14 BT (47 kilometer Tenggara Kepulauan Talaud, Sulut), kedalaman 10 kilometer.

"Memang sebelumnya terjadi gempa yang lebih kecil, dan berbeda lokasi pusat gempanya," ujarnya.

Gelombang tinggi

Selain gempa, gelombang 2,5 sampai 4 meter berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Talaud, dan Kepulauan Sangihe. BMKG memprediksi gelombang tinggi tersebut akan berlangsung hingga Rabu (6/2/2019).

Kepala Seksi Observasi dan Informasi pada Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi.

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 5,0 Guncang Kepulauan Talaud, Tidak Berpotensi Tsunami

Ia menjelaskan, tinggi gelombang 1,25 sampai 2,5 meter (moderate sea) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan timur Bitung, perairan selatan Sulut, dan Laut Maluku.

"Sedangkan, tinggi gelombang 2,5 sampai 4 meter (rough sea) berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud. Ini akan berlangsung hingga 6 Februari 2019, pukul 08.00 WITA," jelas Ricky dalam keterangan tertulis.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X