Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tertutup Longsor, Akses Jalan Manado-Tomohon Kembali Normal

Kompas.com - 02/02/2019, 11:37 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Akses jalan utama penghubung wilayah Manado-Tomohon, Sulawesi Utara, sempat tertutup longsor Sabtu (02/02/2019) pagi. Namun, menjelang siang, akses jalan itu sudah bisa dilalui kendaraan.

Kepala BPBD Tomohon Robby Kalangi ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya bersama tim gabungan sudah melakukan pembersihan.

“Memang sempat tertutup. Namun, sudah dibersihakan dan saat ini bisa lewati. Sudah normal arus lalu lintas,” ungkap Kalangi kepada Kompas.com, Sabtu.

Ia menjelaskan, saat jalan tertutup longsor dan serumpun bambu, arus lalu lintas sempat diubah. Kendaraan yang datang dari arah Tomohon dialihkan melalui daerah perkampungan Tinoor.

Baca juga: Rumah Diterjang Longsor, Ibu Ini Hanya Mampu Selamatkan Satu Bayi Kembarnya

"Untuk itu, kami memgimbau para pengendara yang melintas di jalan Tomohon-Manado, Rurukan-Kumelembuai, dan Woloan-Tara-tara lebih waspada. Karena daerah ini rawan bencana. Tingkatkan kewaspadaan. Apalagi saat ini hujan masih terus mengguyur Tomohon dan Sulut pada umumnya," harapnya.

Titik lokasi terjadinya longsor ada di Kelurahan Tinoor, Kecamatan Tomohon Utara. Longsoran tanah dan serumpun bambu jatuh menutupi seluruh badan jalan di wilayah jembatan Tambulinas tersebut.

Akibatnya, jalan nasional tersebut pun sempat tertutup dan mengakibatkan penumpukan kendaraan dari dua arah.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon bersama pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dibantu aparat Kepolisian dan TNI pun langsung turun ke lokasi dan melakukan pembersihan terhadap material longsor tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com