Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit TNI yang Luka Tembak Telah Dievakuasi ke Timika

Kompas.com - 01/02/2019, 14:08 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TIMIKA, KOMPAS.com - Prada Laode Majid, prajurit TNI yang mengalami luka tembak di bahu kanan saat diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB), di Distrik Mapenduma, Nduga, Papua, pada Kamis (31/1/2019), telah dievakuasi ke Timika, Jumat (1/2/2019).

Kondisi korban saat ini stabil dan sedang menjalani perawatan medis di RSUD Mimika.

Rencananya, korban yang merupakan prajurit dan Satuan Yonif 751 RK/VJS itu akan dirujuk ke Rumah Sakit Angkatan Darat Marthen Indey, di Kota Jayapura, Sabtu (2/2/2019), untuk menjalani perawatan lanjutan.

Dandim 1710 Mimika Letkol Infanteri Pio L Nainggolan mengatakan, korban tiba di RSUD Mimika sekitar pukul 11.48 WIT, setelah dievakuasi dari Bandara Kenyam, Nduga, ke Bandara Mozes Kilangin, Timika, menggunakan helikopter milik Angkatan Darat.

Baca juga: TNI dan KKB Terlibat Kontak Senjata di Mapenduma Papua, Satu Prajurit Terluka


"Korban tiba di RSUD Mimika sekitar pukul 11.48 WIT," kata Pio.

Sementara, menurut Kapendam 17 Cenderawasih Kolonel Infanteri M Aidi mengatakan, proses evakuasi berhasil dilaksanakan dalam keadaan aman dengan menggunakan pesawat helly jenis MI-17 V5/HA-5143 milik Penerbad TNI AD, yang dipiloti Kapten Cpn Lukma dengan route Mapenduma-Kenyam-Timika, sekitar pukul 09.05 WIT.

Evakuasi dipimpin langsung Dandim 1702/JWY Letkol Infanteri Candra Dianto, didampingi 4 personel TNI.

"Terbang dari Mapenduma ke Kenyam dengan perjalanan udara sekitar 30 menit. Selanjutnya mendarat di Bandara Kenyam dalam rangka pengecekan kondisi pasien oleh tim medis yang stand by di Kenyam," kata Aidi, dalam keterangan tertulisnya, Kamis siang.

"Pukul 10.45 WIT take off dari Lapter Kenyam menuju Timika," tambah Aidi.

Menurut Aidi, korban sedang menjalani pemeriksaan oleh tim dokter, serta dibersihkan luka-lukanya. Proyektil peluru di bahu korban sudah diangkat.

Diagnosa sementara tidak ada yang mengenai organ vital, seperti jantung dan paru-paru.

"Kondisi stabil kesadaran tinggi. Rencana besok pagi akan dievakuasi ke RSMI Jayapura guna mendapatkan perawatan lebih lanjut," pungkas Aidi.

Sebelumnya, kontak senjata antara pasukan TNI dan KKB kembali terjadi di Distrik Mapenduma, Nduga, Papua, Kamis (31/1/2019) sekitar pukul 08.55 WIT.

Baca juga: Rombongan Bupati Nduga Diserang Anggota KKB, 1 Prajurit TNI Gugur

Saat itu pasukan TNI akan melakukan ptroli rutin dan mengecek daerah ketinggian. Namun, tiba-tiba, mendapat serangan dari KKB yang terindikasi pimpinan Egianus Kogoya, dari arah ketinggian depan dan samping kiri kanan.

Dari peristiwa tersebut, seorang prajurit bernama Prada Laode Majid, menderita luka tembak pada bahu kanan.

Saat dilaksanakan pengejaran ke tempat kedudukan KKB, ditemukan beberap bercak darah yang mengindikasikan bahwa dari pihak KKB juga ada yang terkena tembakan.

Namun, belum bisa dipastikan apakah ada korban jiwa dari mereka atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com