Kota Lama Semarang Bakal Dilengkapi Museum VW

Kompas.com - 01/02/2019, 09:58 WIB
Gereja Blenduk menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Kota Lama, Semarang. KOMPAS.com/NAZAR NURDINGereja Blenduk menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Kota Lama, Semarang.

SEMARANG, KOMPAS.com - Kota Lama Semarang, Jawa Tengah tengah direvitalisasi agar menjadi salah satu destinasi wisata andalan Semarang. Berbagai pihak ikut serta dalam proses itu, termasuk sejumlah badan usaha milik negara (BUMN).

Salah satunya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) (Persero) yang akan membangun museum mobil VW. Museum direncanakan dibangun dengan melibatkan salah satu BUMN, PT Taman Wisata Candi (TWC) di aset gedung milik PPI di Kota Lama.

"Rencananya ada beberapa gedung yang kami sulap menjadi museum VW,” ujar Asisten Senior Manajer Optimalisasi Properti PPI, Adi Rakhman Akbar, Jumat (1/2/2019).

Akbar menjelaskan, PPI mempunyai 13 aset berupa bangunan gedung di Kota Lama. Sebagian gedung sendiri masih operasional, sebagian lagi dipinjam pakai oleh Pemerintah Kota Semarang.

Baca juga: Kota Lama Semarang Berpeluang Besar Jadi Kota Pusaka UNESCO

Dari 13 gedung yang ada, rencananya ada 5 bangunan yang akan dipermak menjadi museum. Salah satu gedung yang cocok dijadikan ruang pameran itu diidentifikasi seluas 1.068 meter persegi.

"Di lokasi itu, kami berencana buat house of VW. Gedung akan diisi VW dari tahun 1950an sampai 1980an. Konsepnya nanti seperti museum angkut (Malang),” tambahnya.

Mobil VW sendiri dipilih karena punya keunggulan dibanding yang lain. Dipilihnya pabrikan mobil asal Jerman ini yang bergaya klasik dinilai cocok dengan arsitektur gedung tua di Kota Lama. VW juga dapat diterima semua kalangan.

Direktur Teknik dan Infrastruktur PT TWC, Mardijono Nugroho menambahkan, rencana pendirian museum VW di Kota Lama akan dicoba dites pasar untuk mengetahui animo masyarakat. Jika potensi bagus, museum VW akan dikembangkan lebih lanjut.

Baca juga: Kota Lama Semarang Diupayakan Seperti Kawasan Braga Bandung

"Konsep dasarnya nanti seperti museum angkut, namun dikhususkan mobil VW,” tambahnya.

Dikatakannya, museum VW di Kota Lama direncanakan dimulai pada Maret 2019 ini. Pihaknya berharap bangunan itu bisa menambah Kota Lama makin eksotis. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X