Usai Pesta Lampion Imlek, Tanaman di Kawasan Pasar Gede Solo Rusak Terinjak Pengunjung

Kompas.com - 01/02/2019, 06:07 WIB
Tanaman jalur pedestrian jembatan Kali Pepe sisi selatan rusak akibat diinjak-injak pengunjung yang menyaksikan lampion Imlek di Kawasan Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Kamis (31/1/2019) malam. KOMPAS.com/LABIB ZAMANITanaman jalur pedestrian jembatan Kali Pepe sisi selatan rusak akibat diinjak-injak pengunjung yang menyaksikan lampion Imlek di Kawasan Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Kamis (31/1/2019) malam.

SOLO, KOMPAS.com - Tanaman di jalur pedestrian (pejalan kaki) jembatan Kali Pepe sisi selatan rusak akibat diinjak-injak pengunjung yang menyaksikan lampion Imlek di Kawasan Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Kamis (31/1/2019) malam.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sejak dinyalakannya lampion untuk perayaan Imlek, banyak pengunjung yang berdatangan ke kawasan itu. Mereka ingin menyaksikan suasana malam di bawah cahaya lampion.

Tak sekadar itu, mereka juga memanfaatkan momen yang hanya bisa disaksikan setahun sekali pada perayaan Imlek untuk berswafoto (selfie).

Bahkan, saking banyaknya warga yang datang membuat jalan di jembatan Kali Pepe itu penuh sesak.

Baca juga: Jumlah Penumpang Meningkat Jelang Imlek, PT KAI Tidak Menambah Kereta

Sehingga pengunjung yang berjalan dari arah timur maupun sebaliknya harus bersabar karena banyak pengunjung yang berswafoto atau selfie.

Namun, ada beberapa pengunjung yang tidak bersabar sehingga mencari jalan alternatif dengan melewati jalur pedestrian.

Akibatnya, beberapa tanaman yang ditanam di jalur pedestrian kawasan tersebut rusak karena diinjak-injak pengunjung.

Beberapa pengunjung yang melihat kejadian itu sangat menyayangkan aksi ulah pengunjung yang tidak sabaran tersebut. 

Baca juga: Ridwan Kamil: Investor Tiongkok Berminat Bangun Taman Rekreasi di Jababeka

"Seharusnya tidak seperti itu (injak-injak) tanaman. Jalan di jalur pedestrian kan masih lebar dan cukup untuk berjalan. Jadi, tidak perlu menginjak tanaman," kata Andriana, salah satu pengunjung kepada Kompas.com.

Upaya panitia

Dikonfirmasi terpisah, Ketua panitia bersama Imlek 2019 Sumartono Hadinoto menyampaikan supaya pengunjung yang menyaksikan lampion untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekitar. Termasuk untuk tidak menginjak-injak tanaman di jalur pedestrian di kawasan itu.

Namun dia tidak menyatakan apakah pihak panitia akan menanggung kerugian akibat rusaknya tanaman di Pasar Gede Solo tersebut atau lepas tangan begitu saja. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X