Kang Krisna, "YouTuber" Desa yang Bisa Kuliahkan Anak di Unpad

Kompas.com - 01/02/2019, 06:00 WIB
Kang Krisna Supriatna, YouTuber desa asal Sumedang yang pertama meraih Silver Play Button. Dari YouTube pula, Kang Kris mampu menguliahkan anaknya di Universitas Padjadjaran. KOMPAS.com/AAM AMINULLAHKang Krisna Supriatna, YouTuber desa asal Sumedang yang pertama meraih Silver Play Button. Dari YouTube pula, Kang Kris mampu menguliahkan anaknya di Universitas Padjadjaran.

SUMEDANG, KOMPAS.com - Kang Kris, begitu youtuber desa ini akrab disapa warga Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pribadinya yang ramah, santun, santai dan nyambung diajak bicara apa saja membuat sosok 46 tahun ini dikenal luas di Kota Tahu tersebut.

Kini, setelah tujuh tahun konsen di YouTube dengan nama channel Krisna Euy, pemilik nama lengkap Krisna Supriatna ini sukses meraih penghargaan Silver Play Button dari Youtube.

Penghargaan itu diraih karena subscriber channel YouTube Krisna Euy telah menembus 100.000, tepatnya 136.612. Penghargaan ini menjadi yang pertama untuk YouTuber asal Sumedang.

Baca juga: Kisah Nurhadi Si Calon Presiden Maha Asik yang Viral, Berprofesi Tukang Pijat hingga Dilirik YouTuber China

Kang Kris mengaku tidak menyangka meraih penghargaan itu. Sebab, sejak aktif menjadi YouTuber dia mengaku "gaptek".

Dia tidak tahu jika dari video yang disimpannya di YouTube itu dapat menghasilkan rupiah hingga mampu menguliahkan anaknya di Universitas Padjadjaran ( Unpad) di Jatinangor, Sumedang

"Pertama bikin akun youtube itu tahun 2011, itu yang buat juga bukan saya, karena terus terang saya gaptek. Teman yang bikin. Bahkan, sejak dibikin tahun 2011 itu, Akang ini baru tahu bisa menghasilkan uang dari YouTube itu sekitar tahun 2014-an," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (30/1/2019).

Baca juga: YouTuber Bikin Jokowi Menunggu Saat Blusukan, Ini Ceritanya...

Pada 2011 itu, kata Kang Kris, tujuan upload video ke YouTube agar kecintaannya akan seni, budaya Sunda dapat terarsipkan dan dapat dilihat kapan saja, di mana saja, oleh siapa saja.

"Ya motivasi awalnya hanya itu, hasil karya ingin tersimpan dan diketahui banyak orang, ingin memublikasikan keunikan-keunikan yang ada di Kabupaten Sumedang," ucapnya.

Kang Kris mengaku, setelah mengetahui bisa menghasilkan uang dari YouTube, dia makin termotivasi untuk mengarsipkan video di YouTube.

"Dengan peralatan seadanya yakni hanya bermodal handphone jadul merek Samsung S4, hampir tiap saat menyempatkan diri keliling ke kampung-kampung, ke desa-desa di Sumedang. Mencari hal-hal unik untuk divideokan. Dan Alhamdulillah, ternyata karya video akang di-channel Krisna Euy itu mendapat sambutan yang luar biasa," ucapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X