Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Banda Aceh, Iriana Jokowi Kenalkan Makanan Sehat pada Anak-anak

Kompas.com - 31/01/2019, 21:02 WIB
Daspriani Y Zamzami,
Khairina

Tim Redaksi


BANDA ACEH, KOMPAS.com -Masih tingginya angka kematian ibu dan anak di Indonesia membuat Ibu Negara Iriana Joko Widodo resah.

Bersama istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla dan para istri kabinet kerja yang tergabung dalam kelompok OASE KK, Iriana Joko Widodo menyambangi paud dan puskesmas di Banda Aceh.

Kunjungan kali ini bertujuan untuk menyosialisasikan kebiasaan hidup sehat terhadap anak dan kaum perempuan.

Tiba Kamis (31/1/2019) pagi di Banda Aceh, Iriana Joko Widodo beserta rombongan langsung menyambangi Paud Permata Hati yang berlokasi di Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Di sana, ibu negara berinteraksi langsung dengan anak-anak usia dini tersebut. Iriana mengenalkan makanan sehat melalui sayur-sayuran, mulai dari menanamnya hingga bagaimana mengonsumsi tumbuhan sayur tersebut.

“Mengenalkan makanan sehat sejak dini penting, demi pertumbuhan anak-anak, makanan sehat juga bisa mencegah kondisi stunting, yang angkanya cukup besar di Indonesia,” ujar Iriana di hadapan para guru Paud di Banda Aceh, Kamis (31/1/2019).

Baca juga: Di NTT, Harus Buat Laporan Pencegahan Stunting untuk Dapat Dana Desa

Usai mengenalkan makanan sehat, tidak lupa Iriana juga mengingatkan untuk menjaga kesehatan yang baik sejak dini.

Salah satunya adalah dengan mencuci tangan yang benar. Iriana pun mensosialisasikan cara cuci tangan dengan baik kepada anak-anak.

Seperti halnya Presiden Joko Widodo, anak-anak juga diajak bermain kuis tanya jawab dan bagi yang menjawab benar, anak-anak diberi hadiah boneka.

Usai bersosialisasi dengan anak-anak Paud, Iriana dan rombongan juga melakukan kunjungan ke Puskesmas Meuraxa Banda Aceh.

Di sana, Iriana dan Mufidah Jusuf Kalla juga menyosialisasikan aktivitas kesehatan untuk kaum perempuan.

Para ibu diajak untuk menjaga kesehatan sejak dini seperti mengecek kondisi tubuh dari serangan kanker serviks dengan melakukan IFA test, menjaga kehamilan dengan baik agar anak terhindar dari kondisi stunting, menjaga anggota keluarga dari paparan asap rokok untuk mengantisipasi TBC dan menggunakan barang-barang non plastik untuk menjaga lingkungan.

Bersama Mufidah Jusuf Kalla, Iriana Joko Widodo juga melakukan penanaman pohon sebagai pesan ajakan untuk menjaga lingkungan yang sehat.

Tidak hanya itu, Iriana Joko Widodo dan rombongan juga berkunjung ke dua kampus di Banda Aceh yakni UIN Ar Raniry dan Universitas Syiah Kuala untuk mensosialisasikan agar kaum muda menjauhi narkoba.

Kompas TV Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia, membeberkan temuan, kaitan antara orangtua perokok, akan menghasilkan anak stunting, atau anak dengan tumbuh kembang kerdil. Ini bisa terjadi, karena anggaran belanja untuk membeli rokok, lebih tinggi, daripada pemenuhan gizi, bagi buah hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com