Longsor Tutup Jalan Maumere ke Ende, Antrean Kendaraan Capai 2 Km

Kompas.com - 31/01/2019, 20:44 WIB
Foto : Longsor di jalan Nasionl Trans Flores yang mengakibatkan akses transportasi lumpuh, Kamis (31/1/2019). Kompas.com, Nansianus Taris Foto : Longsor di jalan Nasionl Trans Flores yang mengakibatkan akses transportasi lumpuh, Kamis (31/1/2019).

MAUMERE, KOMPAS.com - Longsor terjadi di Jalan Nasional Trans Flores yang menghubungkan Kabupaten Sikka dan Kabupaten Ende, di NTT, Kamis (31/1/2019). 

Longsor yang terjadi di Desa Bhera, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, mengakibatkan arus lalu lintas dari Maumere menuju Ende, lumpuh total. Antrean kendaraan disebut mencapai 2 kilometer.

Theo Valen, warga Maumere mengatakan, longsor terjadi bersamaan dengan tumbangnya pohon besar sehingga menutupi seluruh badan jalan. Akibatnya, tidak ada satupun kendaraan yang bisa melintas.

Baca juga: Temukan Lagi Jenazah, Korban Tewas Bencana Longsor di Gowa Jadi 54 Orang

"Ini longsor terjadi saat hujan. Bukan hanya tanah dan batu, ada juga pohon besar yang terbawa longsor. Makanya jalan tertutup toal. Kendaraan tidak bisa lewat," ujar Theo, kepada Kompas.com, di lokasi kejadian, Kamis.

Theo menuturkan, warga setempat membersihkan material longsor dengan alat seadanya. Akibatnya, proses pembersihan longsor berlangsung lambat.

Sehingga, kendaraan pun harus antre lama di lokasi longsor. "Sekitar 2 jam antrenya. Panjang antrean sekitar 2 kilometer," tutur Theo.

Baca juga: Puluhan Rumah Warga di Halmahera Barat Rusak akibat Tanah Longsor

"Selang beberapa jam, alat berat milik pemerintah muncul. Tetapi, sempat adu mulut dengan warga setempat. Warga mau mereka yang bersihkan longsor. Itu karena mereka pungut biaya. Mungkin mau dapat uang banyak. Tetapi, akhirnya tadi, alat berat milik pemerintah jadi bersihkan material longsor. Akses transportasi di Jalan Trans Flores pun kembali normal," ujar Theo.

Ia mengatakan, meski sudah dibersihkan, warga tetap khawatir akan ada longsor susulan. Hal ini disebabkan Jalan Nasional Trans Flores rawan longsor, apalagi hujan terus mengguyur wilayah Flores.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X