Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Jumlah Penderita DBD di Magetan Naik 300 Persen

Kompas.com - 31/01/2019, 09:34 WIB
Sukoco,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Jawa Timur menctatat 1 penerita demam berdarah dengue (DBD) meninggal dunia. Sementara jumlah penderita DBD di daerah itu sebanyak 57 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Didik Setyo Margono mengatakan, angka tersebut meningkat 300 persen dibandingkan tahun 2018.

"Tahun 2018 pada bulan Januari, jumlah penderita DBD ada 18 penderita, sedangkan tahun 2019 ini ada 57 penderita dan satu meninggal,” ujarnya, Rabu (31/01/2019).

Ddik menambahan, peningkatan jumlah penderita dan korban meninggal akibat DBD di Kabupaten Magetan, menurutnya, sesuai siklus 3 tahunan. Peningkatan jumlah DBD juga akan terjadi 3 tahun mendatang jika tidak diikuti upaya pencegahan secara maksimal.

“Tiga tahun lagi, tahun 2021 nanti diperkirakan akan terjadi kenaikan kasus penderita DBD lagi," katanya.

Baca juga: Bupati Ponorogo Gratiskan Biaya Pengobatan Penderita DBD

Untuk mencegah adanya peningkatan jumlah penderita dan korban akibat DBD, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan jauh hari sudah berupaya melakukan antisipasi dengan membuat surat edaran bupati yang ditujukan kepada kepala desa dan camat se-Kabupaten Magetan.

Surat edara tersebut berisi imbauan melakukan antisipasi dengan gerakan pembersihan sarang nyamuk (PSN) secara serentak. Sayangnya, upaya tersebut tak maksimal karena belum dilaksanakan secara serentak oleh warga.

“Gerakan massal PSN secara serentak, kuncinya BMST atau berkualitas massal serentak dan terjadwal rutin,” ucapnya.

Baca juga: 19 Warga Ambon Dirawat di Rumah Sakit Karena Terserang DBD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com