Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Pasien DBD Meninggal dan 51 Orang Dirawat di Kota Tasikmalaya

Kompas.com - 30/01/2019, 10:49 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Dua orang pasien demam berdarah dengue (DBD) meninggal dunia dan 51 orang dirawat di beberapa rumah sakit di Kota Tasikmalaya sampai Rabu (30/1/2019).

"Kasus DBD di Kota Tasikmalaya sekarang ini mengalami peningkatan dengan jumlah 53 orang positif, dua di antaranya telah meninggal berasal dari Kecamatan Cihideung dan Kawalu. Namun, 51 orang lainnya masih dalam perawatan intensif di beberapa rumah sakit, mulai dari RSUD dr Soekardjo, RS TMC dan RS Jasa Kartini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cecep Zaenal Kholis, Rabu pagi.

Cecep mengatakan, serangan peyakit yang bisa mengakibatkan kematian ini mengalami peningkatan sejak awal tahun 2019. Sedangkan, pasien yang meninggal dunia adalah Lina Susilawati (36) asal Cihideung dan seorang anak balita Rasa (1,4) asal Kawalu, Kota Tasikmalaya.

"Kasus demam berdarah dengue diprediksi akan terus mengalami peningkatan karena masih banyak masyarakat selama ini kurang menyadari pada pola pemberantasan sarang nyamuk (PSN), termasuk pola hidup bersih," tambah dia.

Baca juga: Sebanyak 1.052 Warga Sulut Terkena DBD, 13 Orang Meninggal

Cecep mengatakan bahwa selama ini daerah endemik DBD di Kota Tasikmalaya berada di seluruh kecamatan. Pihaknya berharap masyarakat untuk waspada dan segera mencegah jentik-jentik nyamuk di wilayah masing-masing.

"Kalau daerah endemik, kita deteksi hampir di semua kecamatan, 10 kecamatan di Kota Tasikmalaya," katanya.

Kasus DBD di Kabupaten Tasikmalaya

Sementara itu, di wilayah tetangga, yakni Kabupaten Tasikmalaya, kasus penyakit DBD mengalami peningkatan yang sama dari beberapa bulan sebelumnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penendalian Penyakit Menular (P2PM) Kabupaten Tasikmalaya, Atang Sumardi mengatakan, kasus DBD di Kabupaten Tasikmalaya selama ini dipastikan mengalami peningkatan karena kesadaran masyarakat terkait pemberantasan sarang nyamuk masih rendah.

Baca juga: 395 Warga Sumatera Selatan Terkena DBD, 3 di Antaranya Meninggal

Sedangkan, petugas puskesmas yang berada di beberapa kecamatan masih terus menggalakkan pola bersih lingkungan.

"Pasien DBD di Kabupaten Tasikmalaya telah tercatat 20 orang dan sedang dirawat di rumah sakit. Kalau di wilayah kami belum diketahui ada korban meninggal sampai sekarang," kata Atang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com