Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Kecamatan Bergiliran Diterjang Puting Beliung, 115 Rumah Rusak

Kompas.com - 28/01/2019, 12:46 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com-Sebanyak 115 rumah di lima kecamatan di Karawang, Jawa Barat, rusak diterjang puting beliung, Minggu (27/1/2019). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Asep Wahyu mengatakan, terjangan puting berling menimpa lima desa di lima kecamatan secara bergiliran pada Minggu (27/1/2019).
 
Kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Cilebar, Kecamatan Batujaya, Kecamatan Tirtajaya, Kecamatan Cibuaya, dan Kecamatan Pedes.
 
"Total ada 115 rumah yang rusak dengan jumlah jiwa terdampak sebanyak 403 irang dari 121 kepala keluarga," kata Asep ditemui di Kantor BPBD Karawang, Jalan Mangga Nomor 13, Kelurahan Nagasari, Karawang Barat, Karawang, Senin (28/1/2019).
 
 
Asep menyebutkan, puting beliung pertama kali terjadi di dua dusun di Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar pada pukul 05.00 WIB.
 
Kemudian disusul di Dusun Malaka RT 007 RW 003 Desa Pisang Sambo dan Dusun Cibarusah, RT 002 RW 001, Desa Gempol Karya, Kecamatan Tirtajaya pada pukul 17.30 WIB.
 
"Di dua ekcamatan tersebut terdapat 40 rumah rusak dengan jumlah jiwa terdampak sebanyak 153 orang dari 46 KK. Total kerugian di wilayah tersebut diperkirakan mencapai Rp 100.000.000," katanya.
 
Pada waktu yang sama, puting beliung juga terjadi di Dusun Karyamekar, Dusun Jatimulya, dan Dusun Mulyasari, Desa Karyamulya, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Sedikitnya terdapat 38 rumah mengalami kerusakan ringan, sedang, hingga berat.
 
 
"Ada satu rumah yang mengalami rusak berat, dan dua warga mengalami luka ringan. Saat ini sudah ditangani puskesmas terdekat. Total kerugian akibat puting beliung di Kecamatan Batujaya diperkirakan mencapai Rp 300.000.000," katanya.
 
Di Kecamayan Batujaya, kata dia, listrik sempat mati. Namun berkat koordinasi dengan pihak PLN tak lama kemudian listrik kembali menyala.
 
Selain di Kecamatan Batujaya, pada pukul 17.30 WIB, puting beliung juga menerjang Kecamatan Cibuaya dan Kecamatan Pedes.
 
"Di Kecamatan Cibuaya tiga rumah rusak dan di Kecamatan Pedes ada lima rumah. Meski demikian, data bisa saja berubah lantaran proses assesment masih berlangsung," ungkapnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com