Posko Pengungsi Terbakar, Ratusan Korban Banjir Gowa Berhamburan

Kompas.com - 28/01/2019, 06:59 WIB
Petuga pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang melanda pasar Minasamaupa, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang dijadikan posko pengungsi korban banjir Gowa, Minggu, (27/1/2019). KOMPAS.com/ABDUL HAQPetuga pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang melanda pasar Minasamaupa, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang dijadikan posko pengungsi korban banjir Gowa, Minggu, (27/1/2019).

GOWA, KOMPAS.com - Pasar Minasamaupa yang menjadi posko pengungsian korban banjir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan terbakar. Akibatnya ratusan pengungsi berhamburan menyelamatkan diri.

Api dapat dipadamkan setelah sejumlah mobil pemadam dibantu armada pemadam dari kota Makassar tiba di lokasi.

Peristiwa kebakaran yang melanda pasar Minasamaupa, Sungguminasa, Kabupaten Gowa terjadi pada pukul 22.25 WITA, Minggu, (27/1/2019).

Api dari lantai dua pasar langsung mengakibatkan kepulan asap hitam. Akibatnya sebanyak 365 orang pengungsi yang menempati lantai empat berhamburan menyelamatkan diri.

Baca juga: Korban Bencana Longsor dan Banjir Gowa Dapat Sumbangan Rp 2 Miliar

"Banyak sekali asap jadi kami langsung lari menyelamatkan diri," kata Arina Talib, salah seorang pengungsi.

Api dapat dipadamkan setelah empat unit mobil pemadam kebakaran dan tambahan tiga unit armada dari Kota Makassar tiba di lokasi dan langsung memadamkan api.

Empat kios di lantai 2 pasar dilaporkan ludes terbakar, sementara penyebab kebakaran diduga bersumber dari arus pendek listrik

"Tidak ada korban jiwa dan pengungsi banjir aman. Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik" kata Rostam Razak, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran yang dikonfirmasi Kompas.com pada pukul 01.15 WITA, Senin, (28/1/2019).

Baca juga: Antisipasi Banjir di Gowa dan Sekitarnya, JK Sepakat Bangun Bendungan

Seperti diberitakan sebelumnya, bencana longsor di sejumlah titik yang memicu dibukanya pintu air bendungan Bili-bili yang mengakibatkan air sungai Jeneberang meluap. 

Meluapnya sungai Jeneberang menenggelamkan sejumlah pemukiman penduduk di Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kota Makassar, Kabupaten Takalar dan Kabupaten Jeneponto pada Selasa, (22/1/2019) lalu. Kejadian ini telah memakan puluhan korban jiwa.

Di Kabupaten Gowa sendiri total korban jiwa akibat bencana banjir ini telah mencapai 46 korban. Tim SAR gabungan sendiri masih terus melakukan pencarian terhadap korban yang dinyatakan hilang dalam bencana longsor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X