5 Fakta di Balik Sosok Bupati Mesuji yang DItangkap KPK, Dikenal Bersahaja hingga Harta Kekayaan Rp 22 Miliar

Kompas.com - 26/01/2019, 15:58 WIB
Bupati Mesuji Khamami saat berada di Polres Mesuji sebelum diterbangkan ke Jakarta untuk diperiksa lebih lanjut. IstimewaBupati Mesuji Khamami saat berada di Polres Mesuji sebelum diterbangkan ke Jakarta untuk diperiksa lebih lanjut.

KOMPAS.com - Sosok Bupati Mesuji Khamami menjadi sorotan masyarakat setelah tertangkap KPK pada hari Rabu (23/1/2019).

Khamami diduga telah menerima suap sejumlah proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji, Lampung.

Khammai ternyata dikenal sebagai pengusaha pupuk dan pestisida yang sukses. Dirinya juga dikenal bersahaja dan jauh dari sikap sok dan unjuk kekayaan.

Banyak warga masyarakat yang terkejut karena tidak menyangka sosok energik sepperti kancil itu terjerat kasus suap Rp 1,28 miliar.

Berikut ini sejumlah fakta terkait sosok Bupati Mesuji Khamami:

1. Sukses usaha pupuk, Khamami jadi anggota DPRD Lampung

Bupati Mesuji Khamami (menggunakan masker) tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis (24/1/2019). Khamami tiba didampingi petugas KPK sekitar pukul 15.48 WIB.KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN Bupati Mesuji Khamami (menggunakan masker) tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis (24/1/2019). Khamami tiba didampingi petugas KPK sekitar pukul 15.48 WIB.

Nama Khamami mulai dikenal di Provinsi Lampung sebagai pengusaha pupuk dan pestisida. Dirinya mulai merintis usaha tersebut sejak 1989 hingga sekarang.

Lokasi usahanya ada di Kabupaten Tulang Bawang dan Bandar Jaya, Kabupaten Lampung Tengah.

Bermodal pengalaman sebagai pengusaha, Khamami berhasil menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung periode 2009-2014 dari Partai Demokrasi Kebangsan (PDK). Saat itu Khamami masuk di Komisi V yang menangani masalah pendidikan.

Di kalangan anggota dewan, Khamami memiliki tujuan "khusus" untuk masuk ke komisi tersebut.

"Hampir setiap tahun yayasannya mendapat bantuan dari pemerintah," kata sumber yang tak ingin disebut namanya.

Baca Juga: Profil Bupati Mesuji Khamami: Pengusaha Pupuk yang 2 Kali Menang Pilkada hingga Kena OTT KPK

2. Putra terbaik Provinsi Lampung yang bersahaja

Tim penindakan KPK menunjukkan barang bukti yang disita KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Mesuji Khamami. Khamami diduga menerima fee sekitar Rp 1,28 miliar dari pengusaha bernama Sibron Azis melalui beberapa perantara.DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.com Tim penindakan KPK menunjukkan barang bukti yang disita KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Mesuji Khamami. Khamami diduga menerima fee sekitar Rp 1,28 miliar dari pengusaha bernama Sibron Azis melalui beberapa perantara.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X